Share

Alasan Ilmiah Kenapa Ada Orang Gampang dan Susah Tidur

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 14 56 2726903 alasan-ilmiah-kenapa-ada-orang-gampang-dan-susah-tidur-EPjW3xdMwP.jpg Alasan ilmiah kenapa ada orang gampang dan susah tidur (Foto: Freepik)

JAKARTA - Beberapa dari kita mungkin memiliki teman yang sering terlihat mengantuk bahkan bisa tiba-tiba tertidur pulas tanpa mengenal waktu dan tempat. Namun, ada juga yang susah tidur padahal sudah berbaring di tempat tidur sangat lama.

Lantas, mengapa ada orang yang gampang tertidur sementara orang yang di dekatnya susah sekali untuk tidur?

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Rabu (14/12/2022), biasanya manusia akan cepat untuk tidur atau terlelap dalam waktu sekitar 10 hingga 20 menit setelah berbaring di tempat tidur. Saat seperti itu, kebanyakan dari kita akan menguap.

Nyatanya, penyebab kita sering menguap adalah sebuah zat di dalam otak yang disebut adenosine. Zat penting yang ada di setiap sel tubuh kita, di mana fungsinya untuk memperlambat denyut jantung dan menormalkan irama detak jantung.

Selain itu, adenosine bertugas untuk memberikan sinyal ke otak bahwa kita sudah mulai mengantuk hingga akhirnya kita bisa tertidur. Produksi zat ini akan terus meningkat apabila kita melakukan banyak aktivitas setiap harinya.

Cepat atau tidaknya rasa kantuk itu muncul ternyata akibat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kebiasaan tidur, pola makan, aktivitas sehari-hari, olahraga yang dilakukan, dan usia yang juga dapat mempengaruhi apakah kita bisa langsung tertidur atau tidak.

Akan tetapi, adapula beberapa orang yang memiliki gangguan sulit tidur walaupun tubuhnya sudah lelah, serta ada yang tetap mengantuk padahal sudah tidur cukup. Hal ini dikarenakan otak kita memiliki “jam” yang mengatur kapan waktu untuk kita tidur dan bangun.

Jam tersebut dipengaruhi oleh cahaya yang masuk ke mata sehingga tiap orang yang ada di berbagai belahan dunia memiliki jam tidur yang berbeda-beda karena faktor waktu yang juga berbeda.

Faktanya, sekelompok angkatan militer di Amerika Serikat mempunyai cara tersendiri agar dapat tidur cepat dalam waktu 2 menit, dan tentunya cara tersebut bukan bantuan dari obat tidur atau penyakit tertentu.

Cara tidur cepat ini digunakan agar kelompok militer bisa tidur dengan waktu yang cukup di berbagai tempat dan situasi, yang tujuannya untuk meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak.

Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa orang yang mudah tertidur dan sulit untuk tertidur akibat beberapa faktor yang dialami. Untuk mengetahui faktor lebih lanjut, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter atau atur pola hidup agar waktu tidur terkendali.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini