Share

Benarkah Crop Circle Asli Buatan Alien?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 15 56 2727515 benarkah-crop-circle-asli-buatan-alien-Wxk7jTK2wt.jpg Ilustrasi Crop Circle(Foto: Koran Sindo)

BENARKAH Crop Circle asli buatan alien, masih menjadi pertanyaan para ilmuwan dan peneliti hingga saat ini.

Crop circle merupakan fenomena lingkaran tanaman yang asal usulnya masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Pola yang terbentuk, dianggap terlalu sempurna jika dibuat oleh manusia.

Alien

Namun, benarkah Crop Circle asli buatan Alien ini bisa terlihat di berbagai macam negara sejak puluhan tahun yang lalu.

Dilansir Earth, jejak dokumentasinya baru dalam 40 tahun terakhir. Istilah Crop Circile sendiri dibuat oleh Colin Andrews pada tahun 1970an.

Saat pertama kali ditemukan, fenomena ini hanya memiliki ukuran beberapa kaki saja. Namun, pada pola Crop Circle modern ukurannya bisa mencapai ratusan kaki. Bahkan pada 2010, seseorang menemukan Crop Circle berpola ubur-ubur raksasa dengan panjang 600 kaki.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada umumnya, desain dari crop circle modern menggunakan unsur geometri Euclidian, yakni pola geometri yang berfokus pada bentuk dasar seperti lingkaran dan segitiga. Pola-pola tersebut dipadu padankan dengan pola geometris lainnya sehingga membentuk desain yang indah.

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, Dave Chorley dan Doug Bower mengaku sebagai orang yang bertanggung jawab atas terbentuknya Crop Circle di barat daya Inggris, tepatnya di sekitar kota Hempshire dan Wiltshire.

Kedua orang tersebut kabarnya membuat lebih dari 200 desain yang berbeda. Kemudian, orang-orang mulai terinspirasi utnuk membuat Crop Circle di kawasan mereka hingga akhirnya Crop Circle tersebar ke seluruh dunia.

Chorley dan Bower hanya menggunakan alat-alat sederhana untuk membuat Crop Circle, seperti papan kayu, tali, dan dibantu dengan pikiran mereka yang cerdas. Dalam pembuatannya, mereka memasukan tanaman dari ‘Taji’ di lapangan, sehingga mereka tidak meninggalkan jejak mencurigakan.

Meski demikian, sejumlah orang masih tidak percaya jika Crop Circle adalah buatan manusia. Pasalnya, polanya dinilai terlalu sempurna. Sebagian orang percaya, jika pembuat crop circle adalah orang-orang cerdas dari luar Bumi atau alien.

Keyakinan mereka semakin kuat karena adanya Crop Circle sederhana pada abad 20-an. Pada saat itu, pola Crop Ciricle melingkar dan dikaitkan dengan bekas landasan pesawat UFO.

Terlebih, dalam beberapa kasus Crop Circle bisa muncul hanya dalam waktu semalam. Dengan pola yang rumit dan bentuknya yang sempurna, manusia biasa dianggap mustahil bisa melakukannya dalam semalam.

Perdebatan mengenai hal ini terus bergulir. Meski banyak teori tentang Crop Circle yang dibuat oleh alien, namun menurut Live Science satu-satunya penyebab yang terbukti adalah Crop Ciricle dibuat oleh manusia.

Demikian jawaban dari benarkah crop circle asli buatan alien. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini