Share

Mengapa Kuku Tangan Tumbuh Lebih Cepat dari Kuku Kaki? Berikut Penjelasannya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 16 56 2728381 mengapa-kuku-tangan-tumbuh-lebih-cepat-dari-kuku-kaki-berikut-penjelasannya-dtkzb1ov7L.jpg Mengapa kuku tangan tumbuh lebih cepat dari kuku kaki? (Foto: Dollar Shave Club)

JAKARTA - Bagi sebagian orang kuku merupakan anggota tubuh yang sangat penting untuk mempercantik penampilan mereka, sehingga banyak dari mereka memoleskan kutek atau bahkan menggunakan kuku palsu agar terlihat lebih menarik.

Namun, pernahkah kamu merasa bahwa kuku tangan lebih cepat tumbuh dari kuku kaki? Karena faktanya kuku jari tangan tumbuh 2-3 kali lebih cepat daripada kuku kaki.

Dilansir dari Science ABC, Jumat (16/12/2022), jika benar kuku jari tangan lebih cepat tumbuh dari kuku kaki, lalu apa penyebab hal itu terjadi? Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai hal tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang kuku itu sendiri.

Kuku tangan dan kaki kita hampir sama dalam segala hal, kecuali dalam hal pola pertumbuhannya. Kuku terdiri dari lempeng kuku, yang dapat kita lihat dan sentuh, yang menutupi alas kuku. Area di bagian bawah setiap kuku dikenal sebagai lunula yang sebagian tertutup oleh kutikula.

Kuku โ€œbaruโ€ kita tumbuh langsung dari sel epitel di area yang disebut matriks germinal, tetapi sel tersebut akhirnya mulai mati, meninggalkan protein yang sangat penting.

Keratin yang tertinggal dicampur menjadi campuran protein dan lemak lain, dan dibantu oleh enzim kunci yang ditemukan dalam matriks yang disebut transglutaminase. Lalu, dari reaksi enzimatik itu adalah kuku yang mengeras, sehingga sering digunakan untuk menggaruk daerah badan yang gatal.

Sedangkan, untuk tingkat pertumbuhan kuku rata-rata dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk usia, aktivitas seksual, pola makan, olahraga, profesi, dan bahkan waktu dalam setahun.

Kuku jari tangan cenderung tumbuh sekitar 3,5 - 4 milimeter per bulan, sedangkan kuku jari kaki tumbuh antara 1,6-1,8 milimeter per bulan, sehingga membuat kita merasa lebih sering memotong kuku jari tangan daripada kuku jari kaki.

Jari kaki vs Jari tangan

Meskipun jari tangan dan kaki semuanya dianggap sebagai jari, terdiri dari lima pasang, dan memiliki kuku yang tumbuh dengan cara yang sama, kita cenderung memperlakukannya dengan sangat berbeda.

Misalnya, kita biasanya menjejalkan kaki dan kuku kaki kita ke kaus kaki dan sepatu, yang seringkali dapat mengurangi sirkulasi dan aliran darah. Ini diperparah oleh fakta bahwa kaki jauh lebih jauh dari jantung daripada tangan.

Kedua faktor ini saja berarti lebih sedikit aliran darah yang mencapai kaki, sehingga lebih sedikit oksigen dan lebih sedikit nutrisi untuk produksi sel-sel baru. Ini adalah salah satu penjelasan paling populer untuk kecepatan pertumbuhan kuku kaki yang lebih lambat.

Ini juga dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan perbedaan musiman dalam tingkat pertumbuhan. Dengan kata lain, ketika jari tangan dan kaki Anda lebih dingin (selama musim dingin), lebih sedikit darah yang mengalir ke area tersebut, karena penyempitan pembuluh darah, dan tingkat pertumbuhan kuku sangat lambat.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, di musim panas, tubuh hangat dan kaki tidak terlalu terkekang oleh kaus kaki, dan sepatu, sehingga menyebabkan tingkat pertumbuhan kuku jari kaki meningkat dalam situasi tersebut.

Teori yang lebih baru tentang tingkat pertumbuhan kuku berhubungan dengan trauma, khususnya mikro-trauma. Bayangkan Anda membenturkan siku Anda ke dinding, dan dalam beberapa menit, Anda bisa merasakannya membengkak dan mulai memar.

Ini adalah sel pengiriman tubuh dan sumber daya untuk menyelidiki trauma dan memulai proses perbaikan, yang terjadi pada tingkat yang lebih cepat atau lebih terkonsentrasi daripada pergantian sel normal.

Teori yang lebih baru tentang tingkat pertumbuhan kuku berhubungan dengan trauma dalam kasus kuku itu adalah hal yang sama, tetapi dalam skala yang jauh lebih kecil.

Dalam beraktivitas sehari-hari penggunaan ujung jari dan kuku tangan sering sekali terlibat dalam semua hal, mulai dari menekan bel pintu dan melakukan push-up hingga mengetik di laptop atau smartphone kamu.

Dengan seringnya menggunakan tangan dan jari kita terus-menerus dalam kehidupan, khususnya di era digital, dan setiap ketukan tombol mengirimkan sinyal โ€œtraumaโ€ kecil ke sel epitel dalam matriks, menyebabkan peningkatan pertumbuhan, untuk mengkompensasi โ€œ kerusakan."

Sementara kuku pada jari kaki tidak mengalami penggunaan terus-menerus seperti itu, dan bagi banyak orang yang hidup dengan sepatu dan kaus kaki, trauma pada jari kaki tidak terlalu sering terjadi, sehingga sangat sedikit rangsangan pengiriman nutrisi dan darah ke matriks germinal.

Meskipun teori ini tidak 100% kuat sebagai alasan kuku jari tangan dan kaki mengalami pertumbuhan yang berbeda, namun semua bukti dalam teori tersebut cocok.

Karena gagasan dalam teori ini didukung oleh fakta seiring bertambahnya usia, kapiler dan pembuluh darah yang cenderung rusak atau berfungsi kurang efektif, mengakibatkan penurunan aliran darah ke ekstremitas dan pelengkap.

Penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa pertumbuhan kuku melambat seiring bertambahnya usia seringkali terjadi hingga 30%.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini