Share

Daftar 12 Nama Galaksi di Alam Semesta

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 16 56 2728617 daftar-12-nama-galaksi-di-alam-semesta-CjNHmpbnQp.jpg Daftar 12 nama galaksi di alam semesta (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Alam semesta menyimpan banyak sekali materi seperti bintang, planet, meteor, komet, termasuk juga galaksi. Bagi yang belum tahu, galaksi ini merupakan sebuah sistem bintang yang memiliki ukuran sangat luas.

Galaksi ini juga jumlahnya sangat banyak bahkan tak terhitung jumlahnya. Tetapi setidaknya ada 12 nama galaksi yang paling populer yang patut diketahui, apa saja itu? Berikut daftarnya seperti dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

1. Bima Sakti (Milky Way)

Bima Sakti merupakan galaksi yang berisi Tata Surya kita. Bentuknya seperti pita dan pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei dengan teleskopnya pada tahun 1610. Bima Sakti memiliki total massa sekitar satu triliun kali massa matahari dengan diameter 100.000 tahun cahaya.

2. Andromeda

Andromeda adalah galaksi spiral sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi dan menjadi galaksi besar terdekat dengan Bima Sakti. Namanya diambil dari wilayah langit tempat konstelasi Andromeda muncul. Untuk diameternya, Andromeda memiliki diameter 220.000 tahun cahaya.

3. Black Eye

Ini adalah galaksi yang ditemukan oleh Edward Pigott pada bulan Maret 1779. Galaksi Black Eye memiliki pita gelap penyerap debu yang spektakuler di depan bintang terang galaksi, sehingga memunculkan julukan galaksi "Mata Hitam" atau "Mata Jahat".

4. Carthweel

Galaksi Carthweel adalah galaksi lenticular dan galaksi cincin yang berjarak sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasi Sculptor. Bentuknya terlihat seperti roda gerobak, itulah sebabnya para astronom menyebutnya sebagai carthweel yang merupakan bahasa inggris dari roda gerobak.

5. Galaksi Comet

Ini adalah galaksi spiral yang terletak 3,2 miliar tahun cahaya dari Bumi, di gugus galaksi Abell 2667, yang ditemukan dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble pada tahun 2007. Galaksi ini memiliki massa sedikit lebih banyak dari massa Bima Sakti.

6. Sunflower

Galaksi Sunflower adalah galaksi spiral di konstelasi utara Canes Venatici dengan jarak sekitar 27 juta tahun cahaya. Ini pertama kali ditemukan oleh astronom Prancis Pierre Méchain kemudian diverifikasi oleh rekannya Charles Messier pada 14 Juni 1779.

7. Sombrero

Sesuai dengan namanya, galaksi yang satu ini memang memiliki bentuk seperti topi khas masyarakat Mexico, Sombrero. Galaksi Sombrero terletak di sekitar 28 juta tahun cahaya dari galaksi kita dengan inti galaksi sangat dan berbentuk tonjolan yang sangat besar.

Follow Berita Okezone di Google News

8. Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor populer di kalangan petani dan belayan karena digunakan sebagai patokan dimulainya waktu menanam padi dan ketika tengah berlayar pada malam hari. Jumlah bintang yang ada di galaksi ini adalah 6 buah bahkan dapat juga dilihat di langit Kutub Utara.

9. Bode

Galaksi Bode merupakan galaksi spiral dengan jarak sekitar 12 juta tahun cahaya dan terletak di konstelasi Ursa Major. Penamaan Bode tidak lepas dari peran sang penemunya, yakni Johann Elert Bode yang pertama kali menemukannya pada tanggal 31 Desember 1774.

10. Magellan

Galaksi Magelan terbagi menjadi dua, yakni Magellan Kecil dan Magellan Besar. Galaksi Magellan Besar termasuk galaksi terbesar karena memiliki massa sekitar 10 miliar kali dari massa matahari. Sementara Magellan Kecil adalah galaksi yang terbentuk dari galaksi Magellan Besar.

11. Blue Wheel

Galaksi Blue Wheel punya bentuk dan warna yang sama dengan namanya. Galaksi ini memiliki jarak 2 tahun cahaya dengan Galaksi Bima Sakti, menjadi salah satu galaksi yang dekat dengan Bumi. Dengan jaraknya itu, galaksi Blue Wheel cukup mudah untuk dilihat.

12. Silver Coin

Galaksi Silver Coin adalah galaksi yang berbentuk spiral dengan letak 13 juta tahun cahaya. Galaksi ini ditemukan oleh Caroline Herschel di tahun 1783, sekitar setengah abad kemudian John Herschel mengamati menggunakan logam cermin reflektor 18 inch di Cape of Good Hope.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini