Share

10 Laptop dengan Baterai Terkuat, dari MacBook hingga Asus ROG

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 16 57 2728578 10-laptop-dengan-baterai-terkuat-dari-macbook-hingga-asus-rog-eeAp0BUhSe.jpg 10 laptop dengan baterai terkuat, dari MacBook hingga Asus ROG (Foto: CNET/Sarah Tew)

JAKARTA - Laptop dengan baterai yang kuat banyak diincar belakangan ini, mengingat sekarang sudah memasuki era baru kerja dan sekolah secara hybrid.

Menyusul permintaannya yang tinggi, ada cukup banyak varian laptop dengan baterai kuat yang tersedia di pasaran. Dengan banyaknya varian laptop dengan baterai yang tahan lama bukan serta merta memudahkan ketika menentukan pilihan.

Tidak jarang ada banyaknya varian justru malah jadi membingungkan. Tetapi jangan khawatir karena ada beberapa yang direkomendasikan.

Berikut ini adalah 10 laptop dengan baterai terkuat, seperti dilansir dari Creative Bloq, Jumat (16/12/2022):

1. MacBook Pro 16 inci (2021)

Generasi terbaru dari model terbesar di lini Pro kini hadir dengan SoC yang lebih tangguh baik Apple M1 Pro atau Apple M1 Max. Meskipun ini bukan laptop dengan masa pakai baterai terpanjang, tetapi setidaknya chipset yang digunakan sudah memenuhi syarat untuk lebih hemat energi.

Dengan menggunakan MacBook Pro 16 inci pengguna bisa memperoleh lebih dari 18 jam masa pakai dengan sekali pengisian daya. Untuk laptop dengan tampilan cerah serta performa gahar, untuk memenuhi kebutuhan editing video beresolusi tinggi dan rendering 3D, jelas sangat direkomendasikan.

2. Apple MacBook Air (M1, 2020)

MacBook Air 2020 menjadi salah satu yang direkomendasikan bukan hanya karena baterainya yang tahan lama tapi juga karena alasan anggaran. Selain itu, laptop yang satu ini adir dengan chip Apple M1 berbasis ARM yang sama dengan MacBook Pro 13 inci yang lebih mahal.

Masa pakai baterai MacBook Air 2020 sekitar 11 jam untuk penggunaan normal. Sementra untuk penggunaan ringan seperti browsing dan menonton video, Apple mengklaim laptop dapat berjalan 15 jam hingga 18 jam. Tidak salah jika MacBook Air 2020 masuk ke dalam referensi pilihan.

3. Microsoft Surface Laptop Studio

Perangkat 2-in-1 ini memiliki desain memukau dan bodi tipis serta ringan yang dengan mulus bertransisi antara format laptop dan tablet. Terlebih juga layarnya sudah touchscreen dan mendukung penggunaan stylus yang mrnyenangkan untuk menopang produktifitas.

Microsoft Surface Laptop Studio juga menawarkan beberapa spesifikasi yang kuat termasuk grafik terintegrasi mutakhir dari Intel atau AMD. Namun di antara keunggulan itu semua, baterainya yang kuat menjadi nilai utama. Laptop ini dapat dimainkan selama lebih dari 13 jam nonstop.

4. MacBook Pro 13 inci (M2, 2022)

Jika laptop MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dirasa terlalu besar, MacBook Pro 13 inci (2022) bisa jadi alternatif lainnya. MacBook Pro 13 inci ini memiliki prosesor M2 baru, yang tidak hanya menawarkan peningkatan pada kinerja chip M1, tetapi juga efisiensi dayanya.

Untuk menangani konten 4K dan bahkan 8K dan menjalankan aplikasi yang berat, kekuatan baterai MacBook Pro 13 inci sangat mengesankan. Model baru MacBook ini memiliki daya tahan baterai selama lebih dari 15 jam.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Huawei MateBook X Pro

Huawei MateBook X Pro baru membawa prosesor unggulan yang dipadukan dengan RAM 16GB dan penyimpanan internal 1TB. Tidak hanya itu, laptop juga menawarkan fitur layar sentuh yang cerah dan berwarna-warni, ditambah Thunderbolt 4 untuk terhubung ke penyimpanan eksternal dan monitor.

Dengan keunggulan yang dibawa, Huawei MateBook X Pro sangat cocok untuk yang sedang mencari perangkat penunjang untuk krbutuhan desain grafis, pengeditan foto, atau pembelajaran intensif. Belum lagi baterainya juga terkenal cukup tahan lama.

6. Acer Chromebook 314

Acer Chromebook 314 adalah Chromebook yang luar biasa untuk siapa pun dengan anggaran terbatas. Terlepas dari harganya yang terjangkau, ia masih menawarkan fitur-fitur hebat termasuk layar 14 inci yang cerah dan bersemangat dan daya tahan baterai 10 jam.

7. Dell XPS 13

Menawarkan desain tipis dan ringan di samping layar cantik dan beberapa komponen paling kuat yang bisa temukan di laptop, ini adalah perangkat menakjubkan yang mudah dibawa-bawa sekaligus cukup kuat untuk menangani tugas-tugas desain grafis tanpa bersusah payah.

Masa pakai baterai bukan yang terbaik pada versi layar 3.5K (3456 x 2160 sentuh OLED). Namun tetap saja, laptop ini setidaknya mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam. Sementara untuk versi layar FHD dari laptop ramping ini kekuatannya lebih lama, yakni sampai 14 jam.

8. LG Gram 17 (2021)

LG Gram 17 memiliki layar 17 inci memberi banyak ruang kerja, dan juga sangat ringan, dengan berat lebih dari 1kg. Dikemas dalam prosesor generasi ke-11 baru Intel dan grafis Iris Xe, laptop ini cocok untuk menjalankan sebagian besar aplikasi sehari-hari.

Daya tahan baterai juga sangat mengesankan. LG mengklaim laptop bisa bertahan hingga 19,5 jam dalam sekali pengisian daya. Untuk kalian yanh membutuhkan layar besar dan masa pakai baterai yang lama pada laptop berbasis Windows, LG Gram 17 sangat ideal.

9. Asus ROG Zephyrus G14

Asus ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming yang luar biasa, yang mungkin tidak masuk dalam daftar ini karena laptop gaming hampir tidak dikenal menawarkan masa pakai baterai laptop terbaik.

Tetapi perangkat bertenaga ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 4000 dan kartu grafis Nvidia RTX 2060 yang dapat bertahan selama 11 jam dengan sekali pengisian daya. Untuk sebuah laptop gaming, daya tahan baterainya cukup mengesankan.

10. Asus TUF A15

Asus TUF A15 adalah rig gaming bernilai tinggi yang menawarkan daya tahan luar biasa dan masa pakai baterai yang sangat lama, mampu bertahan hingga 12 jam. Ini bukan durasi yang singkat untuk laptop gaming, dengan banyak penawaran lain yang biasanya hanya mencapai di bawah 5 jam.

Awetnya masa pakai baterai laptop ini tidak lepas dari penggunaan AMD Ryzen 7 4800H yang hemat energi, yang membantu perangkat bekerja lebih lama daripada yang ditenagai oleh CPU Intel yang haus daya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini