Share

Argentina Menang Piala Dunia 2022 Sesuai Prediksi EA Sports

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 19 Desember 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 19 326 2729914 argentina-menang-piala-dunia-2022-sesuai-prediksi-ea-sports-wTmJCgAItO.jpg Argentina menang Piala Dunia 2022 sesuai prediksi EA Sports (Foto: Reuters)

JAKARTA - Argentina jadi pemenang ajang Piala Dunia 2022, ini sesuai dengan prediksi pengembang video game EA Sports. Bahkan, perusahaan telah melakukan hal serupa empat kali dan semunya tepat sasaran.

Pada bulan lalu, EA membuat sebuah simulasi Piala Dunia 2022 dengan menggunakan gim FIFA 23. Hasilnya adalah Argentina yang akan membawa pulang trofi.

Prediksi tersebut berubah menjadi kenyataan pada Senin (19/12/2022) dini hari tadi WIB. La Albiceleste (julukan Timnas Argentina) sukses keluar sebagai juara berkat keberhasilan mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti usai pertandingan berakhir imbang 3-3 setelah 120 menit.

Meskipun demikian, prediksi EA tidak sepenuhnya akurat. Sebab, banyak partai di fase gugur yang berbeda dari yang sebenarnya terjadi di kehidupan nyata.

Dalam simulasi, Argentina menghadapi musuh bebuyutannya asal Amerika Selatan, Brasil. Mereka diprediksi menang 1-0 dalam partai tersebut.

Yang sebenarnya terjadi, Brasil sudah gugur pada babak perempatfinal karena kalah adu penalti kontra Kroasia. Jikalau menang dalam laga ini pun, Brasil harus bersua dengan Argentina di semifinal. Jadi hasil akhirnya bisa jadi berbeda dengan simulasi.

Yang tidak pernah diperkirakan oleh simulasi tersebut tentunya adalah Maroko. Negara Afrika Utara itu secara sensasional sukses mencapai semifinal dengan menyingkirkan tim-tim kuat Eropa, yaitu Belgia, Spanyol, dan Portugal.

Namun begitu, keberhasilan prediksi ini meneruskan tren positif EA yang selalu sukses memperkirakan pemenang Piala Dunia pada tiga edisi sebelumnya. EA sebelumnya sukses memprediksi Spanyol juara Piala Dunia 2010, Jerman pada 2014, dan juga Prancis di tahun 2018.

Kesuksesan ini seakan menggambarkan EA sebagai gim sepakbola yang cukup mirip dengan kenyataannya. Meski tidak sepenuhnya nyata, tentunya.

Menarik untuk ditunggu apakah tren ini akan berlanjut pada edisi berikutnya di tahun 2026 mendatang. Pada saat itu, turnamen akan digelar di tiga negara Amerika Utara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini