Share

Terancam Tenggelam, Peneliti Sebut Venesia Masih Punya Harapan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 20 Desember 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 19 56 2730241 terancam-tenggelam-peneliti-sebut-venesia-masih-punya-harapan-cga3DlUhH0.jpg Terancam tenggelam, peneliti sebut Venesia masih punya harapan (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Bukan rahasia lagi bahwa kota paling romantis di Eropa, Venesia, terancam tenggelam. Namun, penelitian terbaru mengungkap bahwa kota tua tersebut masih punya harapan untuk bisa disematkan.

Dihimpun dari Metro, Selasa (20/12/2022), kenaikan suhu telah mengubah pola sirkulasi atmosfer dan arus di Mediterania. Mereka memicu 'fase osilasi dingin', fenomena cuaca yang benar-benar mengurangi risiko banjir.

Profesor Davide Zanchettin, dari Ca' Foscari University of Venice, yakin Venesia tidak akan menglami nasib buruk seperti Atlantis. Menurutnya, di masa mendatang kota dengan banyak perahu itu bisa terbebas dari banjir.

"Jika itu terjadi, maka perhitungan kami menunjukkan antara sekarang dan 2035, permukaan laut di Venesia mungkin mendatar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Davide menjelaskan bahwa saat Atlantik Utara memasuki fase yang lebih dingin, maka akan memperlambat peningkatan kelembapan yang nantinya juga akan menawarkan kelonggaran yang sangat dibutuhkan.

Data pasang surut sejarah dan satelit menunjukkan pola pendakian diselingi oleh periode dua dekade atau lebih ketika kenaikan permukaan laut telah melambat atau bahkan mendatar.

Davide dan rekannya kemudian membandingkan dengan catatan selama 150 tahun tentang variasi suhu permukaan laut. Mereka menemukan korelasi antara pembacaan rata-rata yang terjadi selama periode waktu 60 hingga 80 tahun.

Ini dikenal sebagai 'osilasi multi-decadal Atlantik', selama fase Atlantik yang lebih dingin dan lebih hangat, kenaikan permukaan laut di Venesia masing-masing melambat dan dipercepat.

Venesia sendiri menjadi kota yang penuh dengan jalan setapak kecil dengan alun-alun tersembunyi serta museum tersembunyi. Di kota ini juga terdapat gereja berusia berabad-abad, menjadikannya salah satu tempat paling unik di Bumi.

Banyak pihak menilai Venesia dan banyak bangunan uniknya akan tenggelam jika tidak ada tindakan antisipasi yang dilakukan. Sebagian bahkan ada yang menilai bahwa banjirnpermanan Venesia akan terjadi pada tahun 2100.

Untuk diketahui, kombinasi penurunan permukaan laut dan kenaikan permukaan laut telah menyebabkannya Venesia 14 inci lebih rendah daripada 150 tahun yang lalu. Sementara perairan diperkirakan akan naik hingga empat kaki lipat.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini