Share

Twitter Blokir Akun yang Kerap Lacak Jet Pribadi Elon Musk

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Selasa 20 Desember 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 19 57 2730250 twitter-blokir-akun-yang-kerap-lacak-jet-pribadi-elon-musk-fr54OpVdbU.jpg Twitter blokir akun yang kerap lacak jet pribadi Elon Musk (Foto: Rappler)

JAKARTA - Twitter dilaporkan telah menangguhkan akun yang digunakan untuk melacak lokasi jet pribadi milik miliarder Elon Musk, yakni @ElonJet, di mana dioperasikan oleh mahasiswa University of Central Florida, Jack Sweeney, dan telah mendapatkan lebih dari setengah juta pengikut.

Akun Twitter tersebut, menggunakan data publik untuk melacak keberadaan jet pribadi Elon Musk. Ia juga mengoperasikan bot serupa yang melacak aktivitas jet pribadi mogul teknologi seperti Mark Zuckerberg.

Dirangkum dari berbagai sumber, akun pribadi Jack Sweeney sendiri juga telah diblokir dari Twitter, bersama dengan akun pelacak penerbangan otomatis lain yang dia operasikan.

Selain di Twitter, Sweeney juga memposting informasi yang sama ke Instagram dan Facebook. Namun, ia bisa memberikan semua informasi mengenai Elon Musk dengan bebas di kedua platform itu.

Diketahui, akunnya telah lama menjadi momok bagi Musk. Pada bulan Januari, Musk mengirim DM Sweeney di Twitter dan menawarkan $5.000 kepadanya untuk menghapus @ElonJet, tetapi dia menolak tawaran.

“Ada peluang untuk menaikkannya menjadi $500.000? Ini akan menjadi dukungan besar di perguruan tinggi dan memungkinkan saya mendapatkan mobil bahkan mungkin Tesla Model 3,” jawab Sweeney.

Sayangnya, Musk tidak akan membayar uang kuliah Sweeney. Setelah apa yang akun tersebut buat, Elon Musk tidak diam dan mengatakan akan mengambil tindakan hukum terhadap Sweeney.

“Akun apa pun yang memberikan informasi real-team siapa pun akan ditangguhkan, karena hal tersebut merupakan pelanggaran keamanan fisik. Hal ini termasuk memposting tautan ke situs dengan info lokasi real-time,” tulis Elon Musk di Twitter-nya.

Atas dasar itu, Twitter menangguhkan semua yang ada pada akun @ElonJet, termasuk akun pribadi Sweeney.

Namun, saat sebelum akun tersebut diblokir, postingan terakhir @ElonJet menunjukkan kalau pesawat jet pribadi milik Elon mendarat di Los Angeles setelah menjalani penerbangan berdurasi 48 menit.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini