Share

Pesan WhatsApp Tak Sengaja Dihapus? Fitur Baru Bisa Mengembalikannya

Maryam Nurfauziah, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 20 54 2731010 pesan-whatsapp-tak-sengaja-dihapus-fitur-baru-bisa-mengembalikannya-9XfIOzZuar.jpg Pesan WhatsApp tak sengaja dihapus? Fitur baru bisa mengembalikannya (Foto: NextPit)

JAKARTA - WhatsApp dikabarkan memperkenalkan fitur baru bernama Accidential Delete, ini memungkinkan pengguna mengembalikan pesan yang tidak sengaja dihapus.

WhatsApp merilis fitur ini untuk semua pengguna yang telah memperbarui WhatsApp beta menjadi versi V2.22.18.13, dan bisa digunakan di Android maupun iOS.

Dirangkum berbagai sumber, fitur ini dihadirkan oleh WhatsApp setelah melihat banyaknya pengguna yang salah memilih saat ingin menghapus pesan antara “hapus untuk saya” dan “hapus untuk semua orang.”

"Kami telah mendengar dari banyak pengguna WhatsApp bahwa ketika mereka ingin menghapus pesan, mereka tidak selalu menekan tombol kanan. Jadi, tepat pada waktunya untuk liburan, kami senang untuk berbagi lapisan perlindungan baru untuk Anda di WhatsApp," kata WhatsApp.

Fitur Accidential Delete ini, merupakan sebuah kotak peringatan yang mucul selama lima detik setelah pesan dihapus. Anda bisa mengembalikan pesan tersebut saat secara tidak sengaja dihapus.

Dengan pembaruan ini, pengguna akan dapat memulihkan pesan yang dihapus dengan mengklik "undo" jika mereka menghapusnya dengan mengklik opsi "hapus untuk saya", bukan "hapus untuk semua orang".

Saat pesan dihapus dengan menggunakan opsi "hapus untuk saya", snackbar muncul dengan memberi tahu pengguna bahwa pesan tersebut telah dihapus tetapi dapat dipulihkan dengan mengetuk "batalkan".

Jadi cara tercepat untuk memeriksa apakah fitur tersebut tersedia untuk akun Anda adalah dengan menghapus pesan untuk Anda sendiri.

Kendati demikian, fitur ini masih dalam pengembangan, sehingga belum bisa dipastikan kapan akan resmi diuncurkan. Namun fitur ini akan dirilis dalam beberapa hari ke depan.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini