Share

Kenapa Seseorang Bisa Mengalami Kesemutan? Penjelasan Ilmiahnya Berikut Ini

Angeltika Clara Sinaga, Jurnalis · Kamis 22 Desember 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 21 56 2731733 kenapa-seseorang-bisa-mengalami-kesemutan-penjelasan-ilmiahnya-berikut-ini-lG2EG0Xv2w.jpg Kenapa seseorang bisa mengalami kesemutan? Penjelasan ilmiahnya berikut ini (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sensasi kesemutan tentu banyak dialami seseorang. Kebanyakan, kadang-kadang merasanya di kaki atau tangan mereka. Lantas, kenapa hal itu bisa terjadi?

Dilansir dari kanal YouTube Kok Bisa?, Kamis (22/12/2022), dalam dunia medis sensasi kesemutan yang sering dialami tersebut disebut sebagai “paresthesia” berasal dari bahasa Yunani, artinya persepsi yang menyimpang. Kondisi ini dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang.

Kondisi ini adalah jenis kerusakan saraf yang menyebabkan kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki. Tubuh manusia memiliki jaringan saraf yang tugasnya menyalurkan informasi antara otak dengan seluruh bagian tubuh.

Akan tetapi, kesemutan bisa terjadi karena adanya tekanan yang menghambat sirkulasi darah ke suatu bagian saraf pada tubuh manusia sehingga seketika menjadi tidak bisa bekerja. Kondisi tersebut bisa terjadi ketika menekuk kaki terlalu lama.

Terkadang juga bisa terjadi saat menaruh barang berat di atas tangan, umumnya muncul setelah aktivitas berolahraga. Ketika penindihan barang ini, saraf tubuh seketika berhenti mengirimkan informasi menuju otak.

Hal ini yang memicu jaringan saraf tidak mendapatkan aliran oksigen dari hati, sehingga jaringan saraf yang tertekan ini langsung memicu sensasi seperti dikerubungi semut, maka terjadilah kesemutan atau umumnya ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa.

Paresthesia yang terjadi singkat atau sementara mungkin tidak perlu dikhawatirkan, namun apabila terjadi berkepanjangan bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah kesehatan tertentu pada tubuh yang sedang dialami.

Biasanya masalah kesehatan yang dapat memicu kesemutan berkepanjangan adalah diabetes, gangguan ginjal, gagal jantung, tumor hingga stroke. Jika terjadi hal ini, sebaiknya keluhkan kepada dokter untuk menelusuri riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik.

Jadi, seperti yang kita tahu bahwa kesemutan itu bukan terjadi karena keberadaan semut di dalam tubuh kita, tetapi faktor penyakit bawaan atau makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini