Share

5 Terobosan Ilmiah Paling Menakjubkan di 2022

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Sabtu 24 Desember 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 24 56 2733403 5-terobosan-ilmiah-paling-menakjubkan-di-2022-RQyC5VIa4c.jpg 5 terobosan ilmiah paling menakjubkan di 2022 (Foto: Elly Walton)

JAKARTA - Tahun 2022 memang menoreh banyak momentum yang berharga untuk masyarakat. Ada sejumlah peristiwa yang terjadi dan mungkin tidak akan dilupakan banyak orang.

Salah satunya ialah sebuah terobosan penemuan ilmiah yang menggemparkan dunia dan terjadi di tahun ini. Penasaran apa saja terobosan ilmiah terbesar yang terjadi selama 2022?

Dirangkum dari The Week, Sabtu (24/12/2022), berikut informasinya perihal 5 terobosan ilmiah paling menakjubkan di 2022.

1. Fusi Nuklir

Pertama ada Fusi Nuklir. Para ilmuwan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California mengumumkan pada bulan Desember bahwa mereka telah menghasilkan reaksi fusi pertama yang menghasilkan lebih banyak energi daripada yang digunakan untuk memulainya.

Sementara itu, fusi melibatkan penyatuan dua inti elemen ringan, seperti hidrogen. Pencapaian ini menandai terobosan besar dalam memanfaatkan proses yang menggerakkan matahari.

2. Teleskop James Webb

Selanjutnya ada teleskop James Webb yang juga menjadi terobosan ilmiah terbesar tahun ini Majalah Popular Science 2022 menobatkan James Webb Space Telescope milik NASA sebagai Innovation of the Year dalam teknologi kedirgantaraan.

Teleskop Webb berkemah ratusan ribu mil lebih jauh. Pandangannya lebih dilindungi oleh pelindung matahari berlapis-lapis, ia berada pada suhu (-370 derajat Fahrenheit) yang paling cocok untuk penglihatan inframerahnya.

Hasilnya, dengan teleskop tersebut dapat melihat jauh ke dalam medan pembentuk bintang. Ia pun dapat mengintip 13 miliar tahun yang lalu di galaksi kuno.

3. Transplantasi dari Organ Hewan

Tentu kamu pernah mendengar kabar seorang pria di Inggris yang pertama kali mendalat donor organ jantun dari hewan babi. Fenomena itu pun menjadi salah satu terobosan besae di tahun ini.

Sekelompok ilmuwan Yale melaporkan dalam jurnal Nature musim panas ini bahwa mereka berhasil menghidupkan kembali sel-sel di jantung, hati, ginjal, dan otak babi yang telah terbaring mati di laboratorium selama satu jam.

Para peneliti mencapai prestasi tersebut dengan menggunakan perangkat yang mirip dengan mesin jantung-paru untuk memompa larutan buatan khusus, yang disebut OrganEx, ke dalam tubuh babi. Jantung babi mulai berdetak dan mengirimkan larutan melalui pembuluh darah mereka.

Para peneliti, berharap terobosan mereka pada akhirnya akan membantu meningkatkan suplai organ manusia yang tersedia untuk transplantasi.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Vaksin Flu Universal

Penemuan vaksin juga menjadi terobosan ilmuan teebesar, terlbih di era pandemi, Covid-19 ini. Scott Hensley di University of Pennsylvania dan rekan-rekannya telah membuat vaksin flu berdasarkan molekul mRNA — teknik yang sama yang digunakan Moderna, dan Pfizer, bersama dengan mitranya BioNTech, digunakan untuk membuat vaksin COVID-19 yang banyak digunakan.

Vaksin tersebut telah menghasilkan respons antibodi terhadap semua 20 jenis influenza A dan B yang diketahui dalam pengujian pada tikus, dengan efektivitas yang bertahan selama empat bulan. Hasilnya serupa dalam tes pada musang, memicu harapan vaksin universal bisa bekerja pada manusia juga.

5. Menciptakan Kehidupan Tanpa Sel Telur dan Sperma

Satu lagi terobosan ilmiah terbesar dan cukup menggemparkan dunia adalah berhasilnya sebuah percobaan tentang menciotakan kehidupan tanpa sel telur dan sperma.

Dalam percobaan di Weizmann Institute of Science di Israel, para peneliti menciptakan embrio tikus di dalam bioreaktor yang terdiri dari sel punca yang dibiakkan dalam cawan Petri — tanpa sel telur, tanpa sperma.

Embrio berkembang secara normal, mulai memanjang pada hari ketiga dan mengembangkan detak jantung pada hari kedelapan. Ini adalah pertama kalinya para ilmuwan berhasil menumbuhkan embrio tikus sintetik sepenuhnya di luar rahim.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini