Share

Siap-siap, Pengguna Netflix Tak Bisa Berbagi Kata Sandi Tahun Depan

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Sabtu 24 Desember 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 24 57 2733396 siap-siap-pengguna-netflix-tak-bisa-berbagi-kata-sandi-tahun-depan-aJrPZ8VaYW.jpg Siap-siap, pengguna Netflix tak bisa berbagi kata sandi tahun depan (Foto: USS Feed)

JAKARTA - Netflix berniat untuk menghentikan praktik berbagi kata sandi, sebab sering dilakukan para pelanggan agar bisa ditonton oleh rekannya.

Tentunya ini merugikan Netflix. Dilansir BGR, Sabtu (24/12/2022), tercatat ada 230 juta pelanggan Netflix, di mana 100 juta di antaranya melakukan berbagi kata sandi.

Sebelumnya, pihak Netflix cukup lama mempertimbangkan tindakan ini. Namun, mereka sengaja mengulur waktu mengingat masa pandemi Covid-19 dua tahun ke belakang membuat masyarakat harus tinggal di rumah. Hal itu, membuat Netflix memberi kelonggaran atas aksi berbagi password itu.

Kendati demikian, Netflix berupaya mengubah beberapa konsumen ini menjadi pelanggan yang membayar, dan sedang mengembangkan langkah-langkah untuk secara perlahan mengakhiri praktik berbagi kata sandi.

Kapan Netflix akan mulai menindak berbagi kata sandi?

Menurut The Wall Street Journal, Netflix akan mulai meminta orang yang berbagi akun untuk membayar hak istimewa tersebut. Itu akan terjadi pada awal tahun 2023, dengan AS menjadi wilayah pertama yang mengalami perubahan itu.

Pasalnya, ada sekitar 30 juta pengguna Netflix berbagi kata sandi di Amerika Serikat dan Kanada, dan itu membuat platform tersebut harus bertindak.

Nantinya, Netflix akan memberlakukan aturan barunya berdasarkan alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun. Perusahaan dilaporkan akan meningkatkan tekanan pada berbagi kata sandi secara bertahap, untuk menghindari kerumitan bagi pelanggan.

Berapa biaya untuk berbagi kata sandi Netflix?

Netflix telah menguji rencana di beberapa pasar Amerika Selatan, dengan meminta pengguna membayar USD 3 ekstra setiap bulan bila ingin berbagi kata sandi dengan orang lain.

Meski begitu, hingga kini belum diresmikan berapa biaya yang akan dipatok jika ingin berbagi kata sandi.

Meski begitu, tujuan awal Netflix adalah meyakinkan pelanggan untuk mengurangi berbagi kata sandi daripada memaksa mereka membayar biaya. Ini dapat mengubah peminjam menjadi konsumen yang membayar begitu mereka kehilangan akses gratis ke Netflix.

Follow Berita Okezone di Google News

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini