Share

Menkominfo: Indeks Masyarakat Digital Indonesia 2022 Sebesar 37,8!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 54 2734976 menkominfo-indeks-masyarakat-digital-indonesia-2022-sebesar-37-8-sq8y4tLNU9.jpg Menkominfo Johnny G Plate (Foto : Kominfo)

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melaporkan hasil survei indeks masyarakat digital Indonesia (IMDI). Menurutnya, IMDI 2022 sebesar 37,8 dari skala 1 sampai 100.

"Survei IMDI pertama kalinya menggunakan toolkit yang direkomendasikan atau diadopsi pada saat G20 Summit," kata Menkominfo Johnny G. Plate dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Survei IMDI 2022 dilakukan di 514 kabupaten dan kota. Ada empat pilar penting yang dipakai untuk mengukur indeks masyarakat digital Indonesia, pertama infrastruktur dan ekosistem, kedua keterampilan digital, ketiga pemberdayaan, dan keempat pekerjaan.

Menkominfo

Dari keempat pilar tersebut, Menkominfo menilai bahwa pilar pemberdayaan masih sangat rendah di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah akan menerapkan hilirisasi agar pemanfaatan teknologi digital makin meningkat dan lebih produktif.

"Pilar pemberdayaan ditemukan yang paling rendah. Ini menjadi tantangan ke depan untuk terus ditingkatkan dari hilirisasinya, mengingat upaya itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata Johnny G. Plate.

Ia melanjutkan, pemerintah saat ini sendiri sedang berupaya mengimbangi pembangunan infrastruktur digital dengan hilirisasi berupa pemberdayaan dan pelibatan masyarakat.

Hal itu, katanya, sejalan dengan program pemerintah untuk mendorong 'Bangga Buatan Indonesia', 'Berwisata di Indonesia Saja' dan semua kebijakan-kebijakan pemberdayaan dan pemanfaatan infrastruktur digital yang telah dibangun.

"Pembangunan besar-besaran sudah dibangun di fiber optik, fiber link, microwave link, satelit, maupun base transceiver station. Tapi, pembangunan di sektor infrastruktur hulu digital juga harus diimbangi dengan hilirisasi atau pemanfaatan dan pengembangan digitalnya di Indonesia ini," ungkap Menkominfo.

"Ini menjadi tantangan berikutnya, sehingga indeks masyarakat digital Indonesia semakin merata," sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini