Share

Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, Ini Jawabannya!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 56 2735252 kenapa-planet-bumi-tidak-memiliki-cincin-ini-jawabannya-ZJn7XzrxZS.jpg Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin (Foto: BGR)

Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, sementara planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki cincin? Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut jawabannya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa cincin di planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus terdiri dari material yang berbeda-beda. Untuk Saturnus, cicin yang mengitari planetnya berasal dari bongkahan es. Sementara Uranus, Neptunus, dan Jupiter dari material batu dan debu.

Para astronom telah berdebat tentang dari mana mereka berasal dan berapa umurnya dan terungkap bahwa cincin planet Saturnus sudah berusia miliaran tahun, sedangkan Uranus, Neptunus, dan Jupiter jauh lebih muda.

Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, Ini Jawabannya!

BACA JUGA:Ditemukan 2 Planet Dekat Bumi, Kemungkinan Layak Huni

BACA JUGA:Teleskop Luar Angkasa James Webb Temukan Hal Baru dari Planet Asing 

Disitat dari Universe Today, Selasa (27/12/2022) Cincin Uranus, Neptunus dan Jupiter disebut tercipta dari debu yang tertiup ke luar angkasa akibat tumbukan planet-planet di sekitarnya. Cincin di sekitar Neptunus jauh lebih berdebu daripada sistem cincin lainnya.

Alasan mengapa Bumi tidak memiliki cincin adalah karena Bumi berada di posisi yang dekat dengan Matahari. Jika Bumi memiliki cincin es seperti Saturnus, jelas cincin tersebut akan meleleh karena paparan panas Matahari.

Cincin yang terdiri dari bongkahan batu dan debu juga tidak bisa diterima oleh Bumi kecuali jika itu hari kiamat karena mereka akan tertabrak oleh Bulan atau bahkan jatuh ke Bumi karena tersedot gravitasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Bumi sendiri pada miliaran tahun lalu diyakini memiliki cincin dari bongkahan batu dan debu yang berasal dari benturan antara Bulan kedua dengan Bulan yang ada saat ini. Puing-puing ini kemudian terkumpul.

Cincin di Bumi bertahan selama jutaan tahun sampai ditangkap kembali oleh Bulan, dikeluarkan dari orbit, atau jatuh ke Bumi. Bagian yang jatuh ke Bumi disebut sebagai apokaliptik yang mengakibatkan kehancuran parah.

Saat ini, cincin dari bongkahan batu dan debu di Bumi sudah tidak ada lagi. Namun bukan tidak mungkin miliaran tahun mendatang Bumi akan kembali memiliki cincin. Kalau sudah begini, bersiaplah untuk kehancuran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini