Share

Ilmuwan Menyakini Planet Kepler Menuju Kematian

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 28 Desember 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 28 56 2735700 ilmuwan-menyakini-planet-kepler-menuju-kematian-ThogQZJtes.jpg Orbit Spiral Planet Kepler yang menuju kematian (Foto: BGR)

Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet ekstrasurya yang berputar perlahan menuju kematiannya. Exoplanet yang dimaksud adalah Kepler-1658b, dinamakan demikian karena ditemukan dalam misi Kepler.

Meskipun sebenarnya penemuan planet itu sendiri menarik, namun para ilmuwan lebih tertarik dengan orbit spiral planet ekstrasurya yang perlahan membelok lebih dekat ke bintangnya.

Para ilmuwan tidak yakin kapan planet ekstrasurya akan berputar menuju kematiannya, tetapi mereka percaya bahwa waktunya akan tiba di masa depan karena orbit planet perlahan-lahan mendekati bintangnya yang menua.

Ilmuwan Menyakini Planet Kepler Menuju Kematian

BACA JUGA:Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, Ini Jawabannya!

BACA JUGA:Ditemukan 2 Planet Dekat Bumi, Kemungkinan Layak Huni 

“Kami sebelumnya telah mendeteksi bukti eksoplanet yang mengilhami bintang mereka, tetapi kami belum pernah melihat planet seperti itu di sekitar bintang yang berevolusi,” kata salah satu ilmuwan, Shreyas Vissapragada, dikutip dari BGR, Selasa (27/12/2022).

Menurut Shreyas, itu karena prosesnya sebenarnya cukup lambat, dan seringkali, manusia tidak memiliki apa pun untuk mengukur peluruhan itu kecuali peredupan planet ekstrasurya saat orbitnya meluruh.

Jika manusia waspada dan melacak pembusukan itu, maka umat manusia akan sering dapat mengetahui detail tentang eksoplanet spiral yang perlahan-lahan bergerak menuju kematiannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Para ilmuwan percaya bahwa peluruhan orbit planet ekstrasurya kemungkinan besar disebabkan oleh interaksi pasang surut antara planet dan bintangnya. Interaksi ini mirip dengan interaksi yang memengaruhi Bulan dan Bumi.

Ini bukan satu-satunya exoplanet spiral yang telah ditemukan para ilmuwan. Yang lain tidak mengorbit bintang setua ini, itulah sebabnya ia menarik begitu banyak perhatian.

Mungkin kita bisa melihat lebih dekat jenis planet ini menggunakan teleskop ruang angkasa James Webb, bahkan mempelajari lebih lanjut tentang mengapa interaksi pasang surut bekerja seperti itu.

Jika tidak ada yang lain, menonton planet ekstrasurya ini perlahan-lahan berputar menuju kematiannya dapat memberi kita beberapa informasi yang sangat dibutuhkan tentang kematian planet semacam ini.

Para ilmuwan mengharapkan Matahari untuk membunuh Bumi pada akhirnya, dan mungkin ini bisa memberikan lebih banyak informasi tentang bagaimana hal itu bisa terjadi di masa depan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini