Share

Ilmuwan Berhasil Temukan Fosil Dinosaurus Microraptor dengan Makanan Terakhirnya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 01 Januari 2023 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 30 56 2737379 ilmuwan-berhasil-temukan-fosil-dinosaurus-microraptor-dengan-makanan-terakhirnya-SpFQcOI4jV.jpg Fosil Dinosaurus Microraptor dengan makanan terakhirnya (Foto: Techexplorist)

Para ilmuwan berhasil menemukan fosil dinosaurus Microraptor dengan pose yang unik. Di mana dinosaurus mirip burung dengan empat sayap itu sedang menggigit sesuatu yang diketahui merupakan makanan terakhirnya.

Sebuah studi baru oleh Universitas McGill berhasil mengungkap bahwa yang sedang dimangsa oleh Microraptor adalah potongan kaki seekor mamalia. Jenisnya diyakini sebagai pengerat dengan panjang sekitar satu sentimeter.

Profesor Universitas McGill Hans Larsson mengaku tak percaya akan temuan tersebut. Ia pun mengatakan bahwa ini merupakan satu-satunya bukti kuat bahwa Microraptor juga sebenarnya memangsa hewan mamalia.

Ilmuwan sedang memeriksa fosil yang ditemukan

BACA JUGA:Arkeolog Kembali Temukan Fosil Dinosaurus, Kali Ini di Yunnan

BACA JUGA:Ilmuwan Temukan Bukti Pertama Dinosaurus Memangsa Mamalia, Makanan Terakhirnya Terungkap! 

“Awalnya, saya tidak percaya. Ada kaki mamalia kecil seperti hewan pengerat dengan panjang sekira satu sentimeter yang diawetkan dengan sempurna di dalam kerangka Microraptor," kata Larsson dikutip dari The Explorist, Minggu (1/1/2023).

"Penemuan ini adalah satu-satunya bukti kuat yang kami miliki tentang konsumsi makanan dari hewan yang telah lama punah ini dan mereka sangat langka," lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Microraptor sebelumnya diketahui hanya memakan ikan, burung, dan kadal. Kini dinosaurus berbulu yang ukurannya hanya sebesar burung gagak itu diketahui merupakan dinosaurus oportunistik dan bukan pemilih makanan.

Larsson menyebut, mengetahui bahwa mereka tidak mengkhususkan diri pada makanan tertentu adalah masalah besar, ini bisa menjadi bukti pertama adanya karnivora generalis dalam ekosistem dinosaurus.

Untuk diketahui, predator generalis adalah penstabil penting dalam ekosistem saat ini, seperti rubah dan gagak, karena mereka dapat memberi makan di antara beberapa spesies yang mungkin memiliki kelimpahan populasi yang berbeda.

“Mengetahui bahwa Microraptor adalah karnivora generalis memberikan perspektif baru tentang bagaimana ekosistem purba bekerja dan kemungkinan wawasan tentang keberhasilan dinosaurus kecil berbulu ini," tutuo Larason.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini