Share

Ilmuwan Akhirnya Temukan Makanan Dinosaurus Microraptor Zhaoianus

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 02 Januari 2023 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 56 2738614 ilmuwan-akhirnya-temukan-makanan-dinosaurus-microraptor-zhaoianus-YmCy3rsFNq.jpg Microraptor Zhaoianus. (Foto: Doyle Trankina)

SELAMA ini ilmuwan memang belum mendapatkan data yang tidak lengkap terkait apa makanan dinosaurus jenis Microraptor Zhaoianus. Dinosaurus mirip burung itu disebut merupakan pemilih makanan yang hanya memakan ikan, burung, dan kadal saja.

Namun sekarang terungkap bahwa dinosaurus mirip burung itu tidak hanya makan tiga jenis makanan tersebut. Tim ilmuwan internasional mengungkap bahwa Microraptor Zhaoianus juga memakan mamalia kecil, mungkin seukuran tikus modern.

Ini diketahui dari sisa makanan yang ada di mulutnya. Diketahui bahwa ilmuwan berhasil menemukan fosil Microraptor Zhaoianus yang sedang mengunyah sesuatu yang diketahui merupakan kaki mamalia, yang merupakan makanan terakhirnya.

Kaki hewan pengerat dengan panjang sekitar satu sentimeter itu diawetkan dengan sempurna di dalam kerangka Microraptor. Berdasarkan hal ini disimpulkan bahwa sekitar 125 juta tahun yang lalu Microraptor Zhaoianus adalah karnivora generalis.

Dinosaurus

Tak hanya di rahang, sisa makanan juga tersimpan di dalam usus Microraptor Zhaoianus, para peneliti menemukan kaki kanan mamalia kecil lainnya yang diawetkan dan diartikulasikan, mungkin seukuran tikus modern.

Sisa makanan lain juga bisa ditemukan di antara tulang rusuk kiri dan kanan. Beberapa tulang berukuran panjang lainnya jugabtersimpan namun tidak terawetkanbdengan baik sehingga sulit untuk diidentifikasi, dihimpun dari Syfy.

"Temuan ini adalah satu-satunya bukti kuat yang kami miliki tentang konsumsi makanan dari hewan yang telah lama punah ini dan mereka sangat langka,” kata Hans Larsson, seorang Profesor Biologi di Museum Redpath di Universitas McGill.

Follow Berita Okezone di Google News

"Fosil sebelumnya memiliki potongan kadal dan ikan di dalamnya, dan sekarang kita bisa menambahkan mamalia ke dalam menu. itu menunjukkan bahwa microraptor menikmati beragam pilihan gastronomi," lanjutnya.

Banyak mamalia awal hidup di pohon atau menggali sarang di bawah tanah. Itu membantu mereka menjauh dari pandangan banyak spesies dinosaurus, tetapi Microraptors mungkin pengecualian, ia bisa melihat dengan jelas dari kejauhan.

Mata Microraptor Zhaoianus tajam seperti elang. Beberapa spesies Microraptor mampu meluncur atau bahkan terbang bermanuver di udara. Tak berhenti di situ, ia juga bisa memanjat pohon dan bergerak di dahan. Ukuran dan kemampuan mereka yang relatif kecil untuk bergerak di darat, di pepohonan, dan di udara, akan memberi mereka banyak kesempatan untuk bertemu dengan mamalia kecil yang berlarian di puncak pohon.

Dan itu adalah tempat tinggi yang sempurna untuk menerkam mangsa yang tidak menaruh curiga yang berlarian di sepanjang tanah. Untuk sementara, lebih dari seratus juta tahun yang lalu, Microraptors mungkin merupakan salah satu ancaman paling menakutkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini