Share

Cukup 6 Menit bagi Alkohol untuk Pengaruhi Otak Kita

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2023 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 56 2739399 cukup-6-menit-bagi-alkohol-untuk-pengaruhi-otak-kita-9f8ca5S0r4.jpg Ilustrasi Minum Alkohol. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA orang mengonsumsi alkohol agar mereka lebih mudah tidur. Memang, alkohol termasuk depresan yang mampu menekan sistem sistem syaraf pusat dan dampaknya mengurangi aktifitas fungsional tubuh. Alhasil orang yang menggunakan akan merasa lebih tenang, tertidur, bahkan tidak sadarkan diri.

Tapi jangan salah, depresan bisa memengaruhi sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan depresi atau kecemasan. Alkohol pun dapat dengan cepat berefek ke tubuh, lantaran hanya membutuhkan waktu 6 menit untuk memengaruhi otak.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa alkohol yang masuk ke tubuh hanya membutuhkan 6 menit untuk mempengaruhi otak. Para ilmuwan membuktikan perubahan cepat yang disebabkan oleh minum alkohol pada sel otak manusia.

Minum alkohol

Para ilmuwan dari Rumah Sakit Universitas Heidelberg di Jerman menemukan hanya enam menit setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang setara dengan tiga gelas bir atau dua gelas anggur, menyebabkan kadar alkohol dalam darah meningkat 0,05 hingga 0,06%. Perubahan pun terjadi di sel-sel otak.

Melansir dari Science Daily, ilmuwan melakukan penelitian ini dengan melibatkan delapan sukarelawan pria dan tujuh wanita. Di mana mereka minum alkohol dalam jumlah tertentu melalui sedotan sepanjang 90 cm sambil berbaring di pemindai otak MRI.

Pemindaian ini memungkinkan para ilmuwan untuk memeriksa perubahan kecil dalam struktur jaringan sel otak yang disebabkan oleh alkohol. Dan terlihat bahwa zat kimia yang biasanya melindungi sel-sel otak berkurang saat konsentrasi alkohol meningkat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dr Armin Biller, seorang ahli saraf di rumah sakit tersebut, mengatakan bahwa ia dan timnya juga berhasil mendapat fakta mengejutkan. Di mana rupanya otak pria dan wanita bereaksi terhadap konsumsi alkohol dengan cara yang sama.

Tim ilmuwan pun turut menemukan efek berbahaya alkohol pada otak mungkin dapat mempersingkat umur seseorang menjadi lebih pendek. Ini karena sel otak membutuhkan waktu lebih lama untuk memperbaiki dirinya sendiri.

"Tindak lanjut kami pada hari berikutnya menunjukkan bahwa pergeseran metabolit otak setelah konsumsi alkohol moderat oleh orang sehat benar-benar dapat dibalikkan," kata Dr Armin menjelaskan.

"Kami berasumsi bahwa kemampuan otak untuk pulih dari efek alkohol menurun atau dihilangkan saat konsumsi alkohol meningkat. Efek akut yang ditunjukkan dalam penelitian kami mungkin dapat menjadi dasar kerusakan otak permanen yang diketahui terjadi pada pecandu alkohol," lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini