Share

Ini Tempat Terpanas di Bumi, Suhunya Capai 93,8 Derajat Celcius

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2023 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 04 56 2739978 ini-tempat-terpanas-di-bumi-suhunya-capai-93-8-derajat-celcius-6ZxK9wtnRP.jpg Death Valley. (Foto: Reuters)

BUMI memang masih menyimpan berbagai misteri, salah satunya adalah tempat yang paling panas di dunia. Banyak yang mengira tempat terpanas di dunia ada di kawasan Timur Tengah. Tapi, faktanya tempat terpanas di Bumi ada di wilayah Amerika Serikat, tepatnya di California.

Seperti dihimpun dari USA Today, tenpat terpanas di Bumi dikenal sebagai Lembah Kematian atau Death Valley. Dari namanya saja sudah jelas bahwa itu merupakan Lembah Kematian lantaran suhunya yang sangat tinggi.

Death Valley memiliki suhu udara tertinggi di planet ini. Daerah Furnace Creek di bagian gurun California itu memiliki suhu mencapai 56,7 derajat Celcius. Rata-rata musim panas di sana sering kali melebihi 45 derajat Celcius.

Death Valley

Menurut Guinness World Records, Death Valley masih memegang rekor suhu tertinggi yang tercatat di Bumi. Suhu tanah Death Valley bahkan lebih panas. Pada tanggal 15 Juli 1972, suhu permukaan pernah mencapai 93,8 derajat Celcius, hanya 11 derajat dari titik didih.

Death Valley nyaris tidak bisa ditinggali. Hanya saja ada 576 orang nekat yang tinggal di sana. Mereka pun berisiko mengalami beberapa reaksi seperti dehidrasi atau lebih buruk lagi serangan panas yang bisa mematikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut sebuah studi tahun 2010, suhu yang dapat dialami manusia hingga dianggap terlalu panas adalah 35 derajat Celcius, yang setara dengan 95 derajat Fahrenheit pada kelembapan 100% atau 115 derajat Fahrenheit pada kelembapan 50%.

Ini dianggap sebagai "batas atas keselamatan, di mana tubuh manusia tidak dapat lagi mendinginkan dirinya sendiri dengan menguapkan keringat dari permukaan tubuh untuk mempertahankan suhu inti tubuh yang stabil. Dengan begitu, tinggal di Death Valley sangatlah berbahaya.

Untuk diketahui, Death Valley adalah Taman Nasional AS terbesar di luar Alaska yang membentang lebih dari 3,4 juta hektar. Sembilan puluh tiga persen dari taman itu dilindungi sebagai Hutan Belantara yang ditunjuk secara resmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini