Share

Bisakah Manusia Hidup di Planet Lain?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 07 Januari 2023 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 07 56 2742024 bisakah-manusia-hidup-di-planet-lain-DqpEAmOwKg.jpg Ilustrasi Planet-Planet. (Foto: Shutterstock)

SEJAUH ini diketahui bahwa kehidupan hanya ada di Bumi, padahal di dalam Tata Surya kita ada banyak planet lain. Sebagian di antara kita mungkin pernah berpikir apakah manusia bisa hidup di planet kain selain Bumi? Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut.

Menurut Michel Mayor, seorang astrofisikawan yang merupakan salah satu penerima Hadiah Nobel dalam bidang fisika tahun ini karena menemukan planet pertama yang mengorbit bintang mirip Matahari di luar Tata Surya, manusia mustahil hidup di luar Bumi.

Dalam paparannya, Michel berkata bahwa dia merasa perlu untuk "membunuh" semua pernyataan tersebut. "Jika kita berbicara tentang exoplanet, semuanya harus jelas, kami tidak akan bermigrasi ke sana," ujarnya dikutip dari Live Science, Sabtu (7/1/2023).

Lebih lanjut Michel menyebut sekalipun ada planet yang bisa dihuni, jaraknya terlalu jauh untuk dijelajah. "Katakanlah beberapa puluh tahun cahaya, berada di lingkungan sekitar, waktu untuk pergi ke sana cukup banyak," tambah Michel.

Tata Surya

Hal tersebut juga diamini oleh Stephen Kane, seorang profesor astrofisika planet di University of California di Riverside. Ia mengungkapkan bahwa manusia saja perlu berjuang keras untuk mencapai Bulan, apalagi untuk memastikan manusia bisa hidup di planet luar.

"Kita mungkin bisa mengirim orang ke Mars dalam 50 tahun ke depan, tapi saya akan sangat terkejut jika umat manusia berhasil mencapai orbit Jupiter dalam beberapa abad mendatang. Semua bintang secara efektif berada di luar jangkauan," katanya.

Kane menyarankan agar manusia lebih berfokus untuk menjaga planet Bumi ketimbang bermimpi untuk menggapai planet luar yang belum jelas. "Kita harus menjaga planet kita, ini sangat indah dan masih layak huni," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini