Share

Zoom Kini Punya Avatar Kartun Ala-Ala Metaverse

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 09 Januari 2023 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 09 54 2742735 zoom-kini-punya-avatar-kartun-ala-ala-metaverse-F9od3gXjZ4.jpg Ilustrasi Aplikasi Zoom. (Foto: Reuters)

APLIKASI Zoom memang menjadi tenar di masa pandemi, lantaran memudahkan orang melakukan conference call secara massif. Meskipun pandemi sudah mulai hilang, tapi aplikasi Zoom masih banyak digunakan.

Zoom pun terus melakukan pembaharuan, guna memanjakan penggunanya. Melansir dari Engadget, kali ini adalah pembaruan avatar manusia yang merupakan versi kartun dari pengguna.

Avatar kartun ini mirip denganMemoji Apple atau kartun humanoid Mark Zuckerberg di metaverse. Karakter virtual Zoom dapat disesuaikan agar bisa mencerminkan gerakan dan ekspresi wajah pengguna.

Kehadiran avatar kartun di aplikasi Zoom dapat menyuntikan lebih banyak keseruan dalam rapat yang tidak terlalu formal. Adapun kehadiran avatar kartun mengikuti rilis Zoom dari avatar hewan awal tahun ini.

Aplikasi Zoom

Avatar kartun tersedia untuk penguji beta, yang membutuhkan akun berbayar. Zoom menambahkan bahwa itu akan meluncurkan fitur wajah, gaya rambut, dan opsi penyesuaian baru saat beta berlangsung.

Zoom juga mengumumkan template sebagai pintasan untuk berbagai jenis rapat. Pengguna sekarang dapat membuat template Anda sendiri atau memilih dari tiga pengaturan out-of-the-box.

Ini termasuk rapat besar dengan teks otomatis dan konten yang direkam secara otomatis, seminar dengan kontrol kerumunan yang lebih ketat, dan K-12 yang mengaktifkan jajak pendapat dan kuis sambil membatasi fitur yang mengganggu.

Follow Berita Okezone di Google News

Perusahaan juga segera menambahkan pesan dan reaksi beralur untuk obrolan dalam rapat. Mirip dengan apa yang bisa dilihat di Slack, Facebook Messenger, atau iMessage, utas pesan memudahkan untuk mengetahui pesan mana yang dibalas seseorang.

Demikian pula, reaksi emoji membantu membersihkan obrolan dan memasangkan respons dengan pesan asli. Zoom mengatakan utas dan reaksi emoji akan tiba akhir bulan ini. Terakhir, Zoom menambahkan Tanya Jawab dalam rapat.

Idenya adalah agar penyelenggara rapat tetap teratur, membatasi pertanyaan grup ke satu area aplikasi. Pop-out Tanya Jawab memungkinkan penyelenggara rapat melihat, menjawab, atau mengabaikan kueri.

Mereka juga dapat memilih apakah peserta dapat melihat semua pertanyaan atau hanya yang dijawab. Namun seperti tawaran layananan premium lainnya, untuk menggunakan fitur ini diperlukan paket berbayar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini