Share

Perusahaan Ini Berhasil Buat AI Suara Palsu untuk Gantikan Telponan dengan Call Center

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 09 Januari 2023 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 09 57 2742790 perusahaan-ini-berhasil-buat-ai-suara-palsu-untuk-gantikan-telponan-dengan-call-center-wNbKt2zXhO.jfif Ilustrasi Telepon Call Center. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN kini kita bisa menyelesaikan segala permasalahan perbankan lewat chat, tapi datang langsung ke bank memang menjadi solusi paling maksimal. Hanya saja, tidak semua orang memiliki waktu untuk datang ke customer service dan mengantri di bank.

Oleh karena itu, menghubungi pihak bank lewat telepon menjadi salah satu solusi paling memungkinkan. Tapi, tetap saja kita akan diminta untuk menunggu agar dihubungkan ke bagian terkait.

Meskipun lebih praktis, tapi banyak orang tidak suka menunggu dan berargumen dengan pihak call center bankdi telepon. Nah, perusahaan teknologi bernama DoNotPay membuat sebuah AI untuk menggantikan tugas kita berbicara dengan pihak bank.

Call Center

Perusahaan yang bermarkas di Utah, Amerika Serikat, membuat alat yang bisa menirukan suara manusia, sehingga mereka tidak perlu lagi melakukan panggilan telepon dengan bank. Jadi, nantinya manusia tidak perlu lagi menanggapi panggilan dari pihak bank. AI dari DoNotPay yang akan melakukannya.

Pendiri dan CEO DoNotPay, Joshua Browder, telah memposting video demo di Twitter di mana dia menunjukkan tiruan AI deepfake dari suaranya berbicara dengan Well Fargo dan berhasil membatalkan biaya kawat.

"Ini adalah kasus penggunaan yang sempurna untuk AI. Tidak ada yang punya waktu untuk berdebat hanya untuk USD12 (Rp180 ribu)!,' kata Browder dalam postingan tersebut seperti dilansir dari Metro.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kami berencana membuat alat ini tersedia untuk umum dengan serangkaian suara khusus umum, tetapi memiliki suara pengguna sendiri, itu akan menjadi opsi premium,” lanjutnya.

Bowder menambahkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterapkan pada 'negosiasi hukum tanpa akhir, seperti menelepon Southwest untuk mendapatkan pengembalian uang.

Untuk diketahui, AI ini dibangun menggunakan kombinasi Resemble.ai, sebuah situs yang memungkinkan pengguna membuat suara AI mereka sendiri, GPT-J, model bahasa kasual sumber terbuka, dan model AI milik Do Not Pay untuk skrip.

Namun, dilihat dari videonya, jelas terdengar seperti robot di telepon. Membuatnya terdengar alami mungkin membutuhkan lebih banyak usaha, tetapi DoNotPay berencana untuk membuat alat tersebut tersedia dalam bentuk sempurna bagi pelanggan di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini