Share

Cara Membuat Akun Microsoft Tanpa Menggunakan Password

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2023 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 57 2743341 cara-membuat-akun-microsoft-tanpa-menggunakan-password-sfspJE0M5g.jpg Akun Microsoft. (Foto: Microsoft)

KATA sandi atau password memang lazim menjadi cara untuk login atau masuk ke layanan dan akun online dengan aman. Oleh karena itu, disarankan menggunakan password yang memiliki spesial karakter dan kombinasi huruf serta angka.

Terkadang, karena kita ingin membuat password gampang diingat, para pengguna cenderung menggunakan kata sandi yang mudah ditebak (seperti 12345 ataupun tanggal ulang tahun) dan menggunakan kembali kata sandi yang telah mereka gunakan untuk akun dan layanan online lain.

Artinya, jika kata sandi Anda ditebak, peretas dapat menggunakan kata sandi tersebut untuk bisa masuk ke semua akun online Anda yang lain, atau setidaknya beberapa akun Anda yang menggunakan password yang sama.

Microsoft

Salah satu akun online yang sering kita gunakan adalah Microsoft. Untuk menggunakan layanan Microsoft kita harus membuat akun dan untuk melakukan hal tersebut, tentu kita harus memasukkan password agar akun kita lebih aman.

Faktanya, Anda bisa membuat akun Microsoft tanpa password, inilah yang perlu Anda lakukan, seperti dilansir dari ubergizmo:

- Buat akun Microsoft Anda jika Anda belum melakukannya

- Unduh aplikasi Microsoft Authenticator di ponsel Anda

- Luncurkan aplikasi tersebut dan tautkan ke akun Microsoft Anda saat ini

- Ketuk akun Anda

- Ketuk "Perbarui Info Keamanan/Update Security Info"

- Di bawah "Keamanan Tambahan/Additional Security"", ketuk "Aktifkan/Turn On" untuk "Akun Tanpa Kata Sandi/Passwordless Account"

- Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses setup

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah melakukan proses di atas, alih-alih memasukkan password saat masuk ke akun Microsoft, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Authenticator.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan Windows Hello, kunci keamanan/security key, atau kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel atau email Anda sebagai cara mengautentikasi diri Anda sendiri.

Dalam beberapa kasus dengan penggunaan kode SMS/email, tentu saja prosesnya akan lebih lama dari menggunakan password, tetapi kemungkinan proses ini bisa jadi lebih aman karena kode ini tidak dapat ditebak atau dicuri, kecuali orang lain memiliki akses ke email atau ponsel Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini