Share

Pulau Misterius Muncul Usai Maluku Diguncang Gempa 7.5 SR

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 56 2744029 pulau-misterius-muncul-usai-maluku-diguncang-gempa-7-5-sr-dx9caWMYUo.jpg Pulau Misterius Muncul Usai Maluku Diguncang Gempa 7.5 SR

Sebuah pulau secara tiba-tiba muncul di kepulauan Tanimbar, setelah Maluku diguncang gempa yang cukup dashyat dengan kekuatan 7.5 SR pada hari Selasa lalu, 10 Januari 2023.

Kemunculan pulau ini cukup membuat para warga desa Tanimbar Utara panik dan ketakutan. Dikutip dari Antara News, Bony Kelmaskossu, selaku Kepala Desa menyatakan bahwa, pulau tersebut terbentuk dari sebuah material yang terkumpul. Bony juga memerintahkan kepada para warganya untuk melakukan evakuasi.

Bony juga berharap adanya tindak lanjut dari pemerintah untuk meneliti kemunculan pulau misterius tersebut agar tidak terjadi kepanikan di antara para warga.

Sementara itu, Koordinator Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Ambon Luthfy Pary, menjelaskan bahwa peristiwa ini harus dikaji lebih lanjut agar bisa dijelaskan secara ilmiah.

Luthfy juga menambahkan bahwa, kemunculan pulau tersebut belum pasti diakibatkan oleh gempa yang terjadi pada hari Selasa lalu. Menurut Luthfy penjelasan yang paling masuk akal dari pulau misterius tersebut adalah, sebuah fenomena yang biasa disebut dengan volcanic mud/lumpur vulkanik.

Pulau Misterius Muncul Usai Maluku Diguncang Gempa 7.5 SR

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa tersebut merusak sedikitnya 92 rumah dan 2 fasilitas pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Kecamatan Dawelor Dawera mengalami kerusakan paling parah.

Gempa ini memicu peringatan dini tsunami. Pusat gempa terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° Bujur Timur atau tepatnya terletak di laut pada jarak 136 km sebelah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini