Share

Sebenarnya Apa Sih Perbedaan dari Aphelion dan Perihelion

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 56 2744054 sebenarnya-apa-sih-perbedaan-dari-aphelion-dan-perihelion-uGXXdPJR4B.jpg Sebenarnya Apa Sih Perbedaan Aphelion dan Perihelion

Istilah Aphelion dan Perihelion sendiri sebenarnya mengacu pada jarak suatu planet dengan matahari. Untuk mengetahui perbedaan antara Aphelion dan Perihelion, ada baiknya kita membahas satu-satu kedua istilah tersebut.

Apa itu Perihelion?

Perihelion adalah titik dalam orbit yang merupakan titik terdekat dengan matahari. Secara umum, istilah perihelion dilambangkan dengan simbol "q". Orbit yang ada dalam konteks ini adalah titik terdekat dari orbit langsung sebuah planet, komet, ataupun asteroid yang mengorbit mengelilingi matahari. 

Istilah Perihelion berasal dari bahasa Yunani di mana "peri-" berarti "dekat" dan "helios" berarti dewa matahari Yunani. Selain itu, Bumi biasanya berada paling dekat dengan matahari pada tanggal 3 Januari setiap tahun. Pada titik Perihelion, jarak antara Bumi dan matahari sekitar 91,4 juta mil.

Sebenarnya Apa Sih Perbedaan dari Aphelion dan Perihelion

Apa itu Aphelion?

Kebalikan dari Perihelion, Aphelion adalah titik dalam orbit yang merupakan titik terjauh dari matahari. Secara umum, istilah Aphelion dilambangkan dengan simbol "Q". Orbit dalam konteks ini adalah titik terjauh dari orbit langsung sebuah planet, komet, atau asteroid yang mengorbit mengelilingi matahari.

Istilah Aphelion juga berasal dari bahasa Yunani di mana "ap-" berarti "jauh" dan "helios" berarti dewa matahari Yunani. Bumi berada titik terjauh orbitnya pada tanggal 4 Juli setiap tahunnya. Pada titik Aphelion, jarak antara Bumi dan matahari sekitar 94,5 juta mil.

Jadi, perbedaan mendasar pada Aphelion dan Perihelion adalah jarak dari orbit langsung dari sebuah planet, komet, ataupun asteroid ke matahari.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini