Share

Muncul Pulau Misterius di Maluku, BMKG: Itu Fenomena Mud Volcano

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 56 2744168 muncul-pulau-misterius-di-maluku-bmkg-itu-fenomena-mud-volcano-q31FkSyvsO.jpg Muncul Pulau Misterius di Maluku, BMKG: Itu Fenomena Mud Volcano

Pulau misterius yang muncul di Kepulauan Tanimbar, Maluku, membuat geger para warga sekitar. Pulau ini pertama kali muncul setelah peristiwa gempa di lepas pantai Maluku yang berkekuatan 7.5 SR.

Menurut BMKG, pulau tersebut bisa saja merupakan fenomena Mud Volcano. Lalu, apa sebenarnya penjelasan dari istilah Mud Volcano itu sendiri. 

Apa itu Mud Volcano?

Mud Volcano sendiri adalah gundukan lumpur yang naik dan keluar melalui sedimen di atasnya. Kawah yang terbentuk dari Mud Volcano biasanya dangkal dan sesekali mengeluarkan lumpur. Letupan yang dihasilkan Mud Volcano akan mengerucut dan relatif mudah terkikis.

Mud Volcano biasanya tercipta dari aktivitas mata air panas, di mana sejumlah besar gas dan sejumlah kecil air bereaksi secara kimiawi dengan bebatuan di sekitarnya, yang kemudian membentuk lumpur mendidih.

Muncul Pulau Misterius di Maluku, BMKG: Itu Fenomena Mud Volcano

Variasi dari Mud Volcano adalah pot bubur/porridge pot (formasi serupa baskom berisi lumpur mendidih yang mengikis bongkahan batuan di sekitarnya) dan pot cat/paint pot (formasi serupa baskom berisi lumpur mendidih yang berwarna kuning, hijau, atau biru berkat mineral dari bebatuan di sekitarnya).

Mud Volcano biasanya terjadi di area aktivitas vulkanik dan zona subduksi di bawah laut.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini