Share

Periskop 2023: Ponsel Lipat hingga Kamera Besar Jadi Tren

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2023 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 57 2744284 tren-gadget-2023-ponsel-lipat-hingga-kamera-besar-QSEH4IEPp2.jpg Ilustrasi Tren Gadget. (Foto: Shutterstock)

TAHUN baru tentunya banyak gadget baru juga yang akan dihadirkan oleh produsen-produsen elektronik. Banyak pabrikan gadget pun berencana untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Dirumorkan bahwa akan ada banyak tren baru yang muncul di Tahun Kelinci Air ini.

Tren gadget di tahun 2023 mencakup perangkat ponsel, laptop layar lipat, hingga headset AR/VR. Nah berikut ini adalah daftar lengkapnya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ponsel kamera besar

Selain ponsel lipat, tahun 2023 juga alan diisi dengan tren ponsel kamera besar. Menurut rumor yang beredar, sensor kamera besar yang mencapai 200MP akan digunakan oleh pabrikan Korea Selatan di model Galaxy S23 Ultra.

Digadang-gadang model teratas dalam seri Galaxy S23 ini akan memiliki kamera terbaik. Hal ini diketahui, sampel foto pertama baru-baru ini diunggah oleh pembocor gadget kenamaan, Ice Universe.

Gadget

Ponsel lipat

Di tahun 2023 ini dilaporkan ada banyak ponsel layar lipat dengan teknologi termutakhir yang akan dihadirkan. kini bukan hanya dihadirkan Samsung, tapi juga merek dengan spesifikasi serta kemampuan yang bersaing.

Untuk Samsung, dipastikan akan menghadirkan Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. Keduanya digadang-gadang membawa desain baru, peningkatan umum pada kualitas kamera, perangkat lunak, serta prosesor baru.

Menyaingi Samsung, Vivo juga sudah menyiapkan dua ponsel lipat, yakni Vivo X Fold 2 dan Vivo X Flip. Menurut informan, Vivo X Fold 2 akan menampilkan layar lipat yang menawarkan resolusi 2K sementara Vivo X Flip bakal membawa kamera dari Zeiss.

Follow Berita Okezone di Google News

Laptop layar lipat

Menurut analis dari firma riset Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young, akan ada 7 laptop layar lipat yang dirilis pada 2023. Ia merinci bahwa pasar laptop lipat dapat hadir dengan sempurna pada tahun depan.

Young menyebut mungkin ada pemain baru dalam industri tersebut tetapi yang biasa dicurigai adalah Lenovo, ASUS, dan HP. Meski demikian, Young menambahkan bahwa ketersediaannya masih akan terbatas.

Dengan setidaknya 7 model laptop dengan teknologi layar lipat siap dirilis pada tahun 2023, kita dapat menyaksikan berbagai ukuran layar diperkenalkan untuk mengukur persepsi pasar terhadap faktor bentuk yang masih baru ini.

Headset AR/VR

Headset AR/VR Apple yang dijuluki sebagai perangkat Mixed Reality telah menjadi perbincangan hangat selama beberapa waktu terakhir. Menurut analis gadget terkenal Ming-Chi Kuo, Apple kemungkinan baru kan meluncurkannya pada akhir kuartal kedua atau ketiga mendatang.

Apple dikatakan bekerja dengan pembuat film dan pengembang game untuk membuat platform ini. Selain itu, ada juga kabar bahwa Apple ingin mengembangkan App store khusus untuk headset tersebut. Pekerjaan seperti itu tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

(mrt)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini