Share

Twitter Segera Hadirkan Coin untuk Sawer Para Konten Kreator

Raden Yusuf, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2023 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 54 2744896 twitter-segera-hadirkan-coin-untuk-sawer-para-konten-kreator-FEXF39K1K0.jpg Ilustrasi Twitter. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA media sosial memang sudah tidak lagi menjadi tempat untuk bersosialisasi semata, tapi juga tempat berjualan. Beberapa medsos seperti TikTok memang menyediakan cara untuk kita "membayar" konten kreator tersebut.

Nah, kini Twitter dikabarkan tengah mengerjakan sebuah skema baru untuk menghasilkan uang dari platform tersebut. Layanan itu dikabarkan tengah bereksperimen dengan mata uang dalam aplikasi yang disebut 'Coin'.

Nantinya, para kreator konten bisa mendapatkan uang dari twitter. Hal tersebut terlihat dari tangkapan layar yang dibagikan oleh dua peneliti aplikasi. Fitur tersebut telah terlihat dalam beberapa hari terakhir oleh Jane Manchun Wong dan Nima Owji, peneliti aplikasi yang kerpa menerbitkan bocoran gambar fitur yang belum dirilis.

Seperti yang dikutip dari laman engadget, berdasarkan postingan Wong dan Owji, Coin sepertinya merupakan kelanjutan dari fitur tip yang ada di Twitter. "Coin memungkinkan kamu untuk mendukung pembuat konten yang meluncurkan Tweet konten hebat," tulis tangkapan layar yang dibagikan oleh Won dan Owji.

Aplikasi Twitter

Selain itu, gambar yang dibagikan oleh Owji menunjukan, bahwa tab "Coin" baru di bagian yang sama pada tempat pengguna melacak tip mereka.

Namun, untuk saat ini, tidak jelas apa rencana twitter untuk Coin atau kapan fitur tersebut akan diluncurkan. Karena pihak twitter tak lagi mempekerjakan staf komunikasi, maka pihak twitter pun tidak segera menanggapi permintaan komentar tersebut.

Meski begitu, tangkapan layar menunjukkan Twitter setidaknya mempertimbangkan untuk menampilkan Coin secara mencolok di aplikasi, karena Jane Manchun Wong dan Nima Owji melihatnya di sidebar utama. Coin juga dikabarkan bukan hanya untuk memberikan tip. Tapi, Wong melihat fitur 'penghargaan' tersebut memungkinkan orang menggunakan Coin untuk membeli hadiah dalam aplikasi untuk pengguna lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan gambar yang dibagikan oleh Wong, pengguna bisa membeli hadiah hanya dengan satu Coin yang disebut 'Mind Blown' atau 5.000 Coin yang disebut 'Gold'. Namun, belum jelas berapa harga Coin tersebut, meski Twitter kemungkinan besar akan mendapatkan potongan pendapatan yang dihasilkan dari pembelian Coin.

Mengenai hal itu, Bos Twitter, Elon Musk, sepertinya tidak terlalu terbuka mempertimbangkan Coin atau penghargaan. Tapi, dia sudah berbicara secara luas tentang menginginkan lebih banyak cara bagi kreator untuk diberi penghargaan.

Musk mengatakan, bahwa pendapatan Twitter Blue berpotensi memberikan Twitter aliran pendapatan untuk menghargai pembuat konten, dan untuk monetisasi kreator kreator untuk semua bentuk konten pun tengah dikerjakan.

Perlu dicatat, fitur Coin tersebut kemungkinan tidak memiliki ikatan cryptocurrency. Karena, menurut Nima Owji Coin masih dalam tahap pengembangan, dan belum bisa dipastikan terkait dengan crypto atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini