Share

Teleskop Luar Angkasa James Webb Berhasil Temukan Eksoplanet Pertamanya

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2023 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 56 2744799 teleskop-luar-angkasa-james-webb-berhasil-temukan-eksoplanet-pertamanya-K9xXtEhRoN.jpg Teleskop Luar Angkasa James Webb Berhasil Temukan Eksoplanet Pertamanya

Teleskop Luar Angkasa James Webb yang sangat canggih ini berhasil menemukan eksoplanet (planet luar tata surya) pertamanya, sebuah planet yang kira-kira berukuran sama dengan Bumi.

Planet tersebut diberi nama LHS 475 b, berjarak 41 tahun cahaya, dan memiliki ukuran diametet yang hampir identik dengan Bumi sekitar 99%.

Keberadaan LHS 475 b diketahui oleh para peneliti dari pengamatan menggunakan Satelit Survei Transit Eksoplanet NASA. Akhirnya para peneliti tersebut mengonfirmasi adanya planet tersebut dengan Spektograf Inframerah-Dekat Webb.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Mark Clampin selaku Direktur Divisi Astrofisika kantor pusast NASA, menyatakan bahwa hasil pengamatan planet berbatu seukuran Bumi ini bisa membuka jalan untuk mempelajari atmosfer planet-planet berbatu dengan teleskop James Webb di masa depan dan tentu saja akan semakin dekat dengan pemahaman baru akan planet yang mirip dengan Bumi di luar tata surya.

Teleskop Luar Angkasa James Webb Berhasil Temukan Eksoplanet Pertamanya

Meskipun teleskop sudah memastikan bahwa planet tersebut adalah eksoplanet berbatu dan mirip Bumi, belum jelas apakah LHS 475 b memiliki atmosfer yang sama dengan bumi atau tidak. Berkat teleskop yang sangat sensitif, para peneliti dapat dengan mudah mendeteksi berbagai molekul, jadi bisa dipastikan bahwa permukaan planet ini beberapa ratus derajat lebih hangat dari Bumi.

Teleskop Luar Angkasa James Webb, diluncurkan lebih dari setahun yang lalu, membantu kita memantau ruang angkasa dan melihat lebih dekat ke alam semesta kita. Misi dari Teleskop James Webb adalah untuk โ€œberburuโ€œ planet eksoplanet, termasuk planet yang dapat mendukung kehidupan.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini