Share

Fitur Keselamatan dalam Keadaan Darurat iPhone 14 Alami Malfungsi

Raden Yusuf, Jurnalis · Kamis 12 Januari 2023 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 57 2745149 fitur-keselamatan-dalam-keadaan-darurat-iphone-14-alami-malfungsi-ql0gcwxGNG.jpg iPhone 14. (Foto: 9to5mac)

FITUR keselamatan dalam keadaan darurat memang menjadi salah satu fitur yang ada di gadget, seiring dengan banyaknya bencana alam ataupun tidak terorisme. Fitur tersebut dibuat sehingga ketika keadaan darurat, maka pemilik gadget bisa memberikan alarm.

Nah, salah satu yang menerapkan fitur keselamatan dalam keadaan darurat tersebut adalah prodsen smartphone Apple. Dalam iPhone 14, Apple pun menyematkan fitur keselamatan dan keadaan darurat.

Tapi, sebuah laporan menunjukan bahwa fitur tersebut telah mengirimkan peringatan deteksi kerusakan yang salah kepada seseorang. Dalam perkembangan terakhir, alarm palsu yang tidak menentu dari fitur tersebut, menjadi sebuah masalah bagi petugas tanggap darurat karena olahraga musim dingin.

iPhone 14

Seperti dikutip dari laman gadgetsnow, alarm palsu dari fitur deteksi kecelakaan menjadi masalah, karena pengguna yang melakukan aktivitas musim dingin seperti ski, seluncur salju dan mobil salju.

Pada olahraga tersebut, pengguna akan mengalami kecepatan saat beraktivitas, berhenti dan guncangan ketika jatuh. Hal tersebut sontak saja mengelabui iPhone dan Apple Watch. Di mana perangkat tersebut berpikir bahwa pemilik atau pemakainya telah mengalami kecelakaan.

Fitur ini juga terjadi ketika mereka tengah menaiki roller coaster, dan ketika ponsel mereka jatuh saat mengendarai sepeda motor. Kendati banyak laporan bahwa fitur ini berhasil membantu korban kecelakaan, tapi sangat disayangkan bahwa kesalahan deteksi itu tidak mendapat solusi yang cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, mengenai cara kerja fitur deteksi kerusakan atau crash detection sendiri , contohnya setiap kali fitur mendeteksi tabrakan mobil yang parah, maka alarm akan berbunyi dan menampilkan peringatan pada iPhone atau Apple watch, yang mengatakan "Sepertinya anda mengalami kecelakaan".

Bila pengguna tidak bisa melihat layar iPhone mereka setelah kecelakaan dan tidak bisa merespon, perangkat akan membacakan peringatan dan akan menampilkan penggeser panggilan darurat untuk memanggil layanan darurat. Kemudian, iPhone kamu juga akan mengirim pesan untuk membagikan lokasi crash dengan kontak darurat, apabila pengguna sudah menambahkannya.

Fitur tersebut diaktifkan sebagai pengaturan default pada perangkat Apple yang sudah didukung fitur tersebut. Apple sebelumnya pernah menjelaskan, bahwa fitur itu menggunakan data dari mikrofon iPhone 14 yang mendeteksi tingkat suara keras, hingga karakteristik kecelakaan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini