Share

Ini Alasan Manusia Tidak Bisa Bernapas di Air

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2023 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 13 57 2745504 ini-alasan-manusia-tidak-bisa-bernapas-di-air-FWZuJU3U2H.jpg Ini Alasan Manusia Tidak Bisa Bernapas di Air (Foto: Freepik)

Manusia memiliki kemampuan yang lebih dibanding dengan makhluk Bumi lainnya. Dengan berbekal raga yang sehat dan pikiran yang jernih, manusia dapat merancang pesawat, memodifikasi cuaca, bahkan pergi ke bulan.

Tapi pernahkah berpikir mengapa manusia tidak bisa hidup di air? Padahal, manusia dapat menyelam dan menahan napas di air, bahkan ada beberapa manusia yang mampu melakukannya dalam waktu lama. Untuk menjawabnya simak paparan berikut.

Seperti dihimpun dari laman Live Science, Jumat (13/1/2023), manusia merupakan makhluk yang bernapas dengan paru-paru. Sementara itu, paru-paru manusia tidak dirancang untuk mengekstraksi oksigen dari air agar dapat bernapas di bawah air.

Ini Alasan Manusia Tidak Bisa Bernapas di Air

BACA JUGA:Menguak Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Manusia Agar Kembali Jadi Tanah

BACA JUGA:Bisakah Manusia Hidup di Planet Lain? 

Saat manusia menghirup udara, udara mengalir dari hidung, turun ke trakea (batang tenggorokan), dan masuk ke paru-paru. Saat paru-paru bercabang menjadi saluran udara yang semakin kecil, ujungnya di kantung khusus yang disebut alveola.

Di sini, oksigen melewati selaput paru-paru ke dalam aliran darah, dan produk limbah seperti karbon dioksida mengalir keluar dari darah dan masuk ke udara, dan selanjutnya dikeluarkan saat manusia bernapas.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal ini berbanding terbalik dengan ikan. Meskipun ikan juga membutuhkan oksigen untuk hidup, tetapi paru-parunya tidak dirancang untuk mengekstraksi oksigen dari udara. Sebaliknya, dengan mengalirkan air melalui organ khusus mereka (disebut insang), mereka dapat mengeluarkan oksigen dan mengeluarkan gas buang.

Karena manusia tidak memiliki insang, manusia tidak dapat mengambil oksigen dari air. Memang, beberapa mamalia laut, seperti paus dan lumba-lumba, mereka dapat hidup di air, tetapi mereka sebenarnya tidak menghirup air.

Mereka telah mengembangkan mekanisme untuk menahan napas dalam waktu lama di bawah air. Namun, pada akhirnya, mereka harus muncul ke permukaan untuk mengembuskan napas dan kemudian mengambil napas baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini