Share

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Senin 16 Januari 2023 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 16 56 2747345 6-keajaiban-dunia-yang-telah-musnah-OuGN2GkdLu.jpg 6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Saat ini kita tahu ada 7 keajaiban dunia, keajaiban dunia sendiri merupakan sebuah bangunan, atau situs-situs antik yang keberadaannya dilindungi oleh UNESCO. Salah satu bangunan di negara kita pernah masuk di daftar 7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Tapi tahukah kalian, di masa lampau juga terdapat bangunan dan situs-situs yang masuk ke dalam kategori keajaiban dunia. Penulis asal Yunani kuno, Herodotus, yang hidup dari tahun 484 hingga 425 SM, adalah salah satu penulis paling awal yang membahas hal tersebut. Keajaiban-keajaiban dunia masa lampau mayoritas sudah hilang dimakan oleh zaman, namun catatan sejarahnya masih tersimpan. Simak 6 keajaiban dunia yang kini telah musnah.

6. Mercusuar Alexandria, Mesir

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Mercusuar ini dibangun atas perintah Ptolemy II Philadelphus. Mercusuar yang kabarnya memiliki tinggi lebih dari 120 meter ini, digunakan untuk mengarahkan para pelaut yang hendak menuju Alexandria, yang saat itu merupakan salah satu pelabuhan paling besar di dunia.

Mercusuar tersebut masih menggunakan cermin dan api untuk sumber cahaya. Serangkaian gempa bumi dari tahun 956 hingga 1323 M merusak bangunan tersebut dengan sangat parah, hingga tidak dapat diperbaiki. Namun, beberapa sisa-sisa mercusuar telah ditemukan tenggelam di bawah air pelabuhan Alexandria.

5. The Colossus of Rhodes, Yunani

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

The Colossus of Rhodes (Raksasa dari Rhodes) adalah patung raksasa terbuat dari perunggu yang menggambarkan dewa matahari Yunani, Helios.

Patungnya sendiri kemungkinan memiliki tinggi sekitar 34 meter dan diduga berdiri di atas pilar yang memiliki tinggi sekitar 15 meter, jadi jika di total memiliki tinggi 49 meter. Patung tersebut hancur karena gempa yang mematahkan bagian lututnya. Ketika Rhodes dikuasai, sisa-sisa patung dijual untuk dilebur.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Kuil Artemis, Turki
Dibangun di sekitar tahun 550 B.C. oleh Croseus, kuil pemujaan dewi Artemis ini dipuji keindahan bangunannya oleh para penulis masa lalu. Sebenarnya di sana sudah terdapat Kuil Artemis, namun Croseus memperbesar kuil tersebut secara signifikan. Kuil megah ini memiliki 127 pilar. Kuil tersebut hancur Setelah dirusak dan dihancurkan oleh suku Gothic, tetapi setidaknya ada 8 pilar yang berhasil diselamatkan dan kini berada di bangunan megah di Turki lainnya, yaitu Hagia Sophia
3. Mausoleum Halicarnassus
Makam megah ini dibangun untuk Mausolus. Bangunan ini meninggalkan kesan yang sangat kuat kepada para penulis di jaman dahulu, dari sini lah kata “mausoleum” berasal. Makam ini dibangun oleh para pematung paling handal di zamannya. Sebelum makam ini selesai, istri mendiang Mausolus yang bernama Artemisia meninggal dunia. Menurut penulis asal Roma, Pliny The Elder, para pematung tersebut tetap melanjutkan pembangunan kuil ini, karena Mausoleum Halicarnassus adalah karya terbaik mereka. Makam ini berdiri setinggi 43 meter. Puing-puing sisa Mausoleum Halicarnassus masih bisa dilihat hingga saat ini.

4. Kuil Artemis, Turki

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Dibangun di sekitar tahun 550 B.C. oleh Croseus, kuil pemujaan dewi Artemis ini dipuji keindahan bangunannya oleh para penulis masa lalu.

Sebenarnya di sana sudah terdapat Kuil Artemis, namun Croseus memperbesar kuil tersebut secara signifikan. Kuil megah ini memiliki 127 pilar.

Kuil tersebut hancur Setelah dirusak dan dihancurkan oleh suku Gothic, tetapi setidaknya ada 8 pilar yang berhasil diselamatkan dan kini berada di bangunan megah di Turki lainnya, yaitu Hagia Sophia

3. Mausoleum Halicarnassus

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Makam megah ini dibangun untuk Mausolus. Bangunan ini meninggalkan kesan yang sangat kuat kepada para penulis di jaman dahulu, dari sini lah kata “mausoleum” berasal. Makam ini dibangun oleh para pematung paling handal di zamannya.

Sebelum makam ini selesai, istri mendiang Mausolus yang bernama Artemisia meninggal dunia. Menurut penulis asal Roma, Pliny The Elder, para pematung tersebut tetap melanjutkan pembangunan kuil ini, karena Mausoleum Halicarnassus adalah karya terbaik mereka. Makam ini berdiri setinggi 43 meter. Puing-puing sisa Mausoleum Halicarnassus masih bisa dilihat hingga saat ini.

2. Patung Zeus, Yunani
Patung raksasa dewa tertinggi Yunani dibangun sekitar tahun 450 B.C. dan memiliki tinggi sekitar 12 meter. Patung zeus ini sebagian besar terbuat dari gading yang juga dihiasi dengan emas, dibuat oleh pematung terkenal asal Yunani, Phidias. Seorang kaisar Roma bernama Caligula pernah berniat untuk mencuri patung tersebut. Hingga kini belum jelas bagaimana patung raksasa tersebut hilang dan hancur, menurut seorang ahli sejarah Bizantium, Georgios Kedrenos, di saat kuil tempat patung tersebut hancur, patung Zeus ini dibawa ke Konstantinopel, sebelum akhirnya hancur tak tersisa karena kebakaran hebat yang terjadi di Palace of Lausus di tahun 475 AD.
1. Taman Gantung Babilonia
Salah satu keajaiban dunia paling terkenal di dunia adalah Taman Gantung Babilonia. Keberadaan Taman Gantung Babilonia hingga saat ini masih terselubung misteri. Menurut legenda, Raja Nebukadnezar II membuat bangunan megah yang di dalamnya berisi air terjun dan dihiasi dengan berbagai macam tanaman untuk istrinya yang bernama Amytis, yang merindukan pepohonan di tanah kelahirnya, Persia. Taman Gantung Babilonia memiliki arsitektur yang sangat unik, karena memiliki bangunan bertingkat-tingkat. Bangunan ini juga memiliki sistem pengairan yang sangat canggih setinggi 100 metes di atas permukaan tanah. 

2. Patung Zeus, Yunani

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Patung raksasa dewa tertinggi Yunani dibangun sekitar tahun 450 B.C. dan memiliki tinggi sekitar 12 meter. Patung zeus ini sebagian besar terbuat dari gading yang juga dihiasi dengan emas, dibuat oleh pematung terkenal asal Yunani, Phidias. Seorang kaisar Roma bernama Caligula pernah berniat untuk mencuri patung tersebut.

Hingga kini belum jelas bagaimana patung raksasa tersebut hilang dan hancur, menurut seorang ahli sejarah Bizantium, Georgios Kedrenos, di saat kuil tempat patung tersebut hancur, patung Zeus ini dibawa ke Konstantinopel, sebelum akhirnya hancur tak tersisa karena kebakaran hebat yang terjadi di Palace of Lausus di tahun 475 AD.

1. Taman Gantung Babilonia

6 Keajaiban Dunia yang Telah Musnah

Salah satu keajaiban dunia paling terkenal di dunia adalah Taman Gantung Babilonia. Keberadaan Taman Gantung Babilonia hingga saat ini masih terselubung misteri. Menurut legenda, Raja Nebukadnezar II membuat bangunan megah yang di dalamnya berisi air terjun dan dihiasi dengan berbagai macam tanaman untuk istrinya yang bernama Amytis, yang merindukan pepohonan di tanah kelahirannya, Persia.

Taman Gantung Babilonia memiliki arsitektur yang sangat unik, karena memiliki bangunan bertingkat-tingkat. Bangunan ini juga memiliki sistem pengairan yang sangat canggih yang berada 100 meter di atas permukaan tanah. 

(DRA)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini