Share

Kenapa Swedia Tidak Ada Malam?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 56 2748103 kenapa-swedia-tidak-ada-malam-HjJla81kzR.jpg

Swedia adalah salah satu tempat di mana kita bisa melihat matahari hampir selama 24 jam, fenomena ini biasa disebut dengan “midnight sun”.

Di Swedia, Anda bisa menemukan banyak tempat untuk menyaksikan fenomena midnight sun. Wilayah Swedia yang dekat dengan Lingkaran Arktik, dapat menyaksikan fenomena midnight sun selama sekitar 30 hari, fenomena ini biasa terjadi di dari bulan Mei hingga Juli.

Fenomena midnight sun terjadi karena bumi berputar pada sumbu yang relatif miring terhadap Matahari. Jika bumi berputar pada sumbu yang lurus, maka waktu malam dan siang akan sama-sama memiliki waktu 12 jam.

Selain bumi berputar pada porosnya sendiri, bumi juga bergerak mengelilingi matahari. Saat bergerak mengelilingi matahari, sumbu bumi yang miring terkadang memiliki bagian yang akan lebih dekat ke matahari daripada yang lain. Itulah juga mengapa musim panas terjadi pada waktu yang berbeda dalam satu tahun di belahan bumi utara dan selatan.

Selama bulan-bulan musim panas ketika belahan bumi miring ke arah matahari, maka matahari di daerah Lingkar Arktik akan terkena sinar matahari selama 24 jam, salah satunya adalah Swedia.

Anda dapat melihat fenomena midnight sun di tempat-tempat seperti Jookmokk, Kiruna, Abisko, Björkliden, dan Gällivare.

Di Abisko, salah satu kota paling utara di Swedia, Matahari Tengah Malam dapat dilihat dari 27 Mei-18 Juli.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini