Share

Kacau, Mahasiswa di Australia Gunakan AI untuk Kerjakan Tugas Kampus

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 17 57 2748049 kacau-mahasiswa-di-australia-gunakan-ai-untuk-kerjakan-tugas-kampus-TlZAEJCQZX.jpg Kacau, Mahasiswa di Australia Gunakan Ai untuk Kerjakan Tugas Kampus

Teknologi yang semakin canggih memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, membuat tugas-tugas yang biasanya memakan waktu yang cukup lama menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, kemajuan teknologi ini juga menciptakan tantangan bagi sistem pendidikan kita.

Dilansir dari The Guardian, Salah satu Dosen komunikasi di Deakin University menemukan bahwa satu dari lima tugas, dikerjakan mahasiswa dengan bantuan AI.

Kecerdasan buatan (AI) digunakan di hampir seperlima tugas dari dosen di Deakin University di bidang komunikasi. Ini menimbulkan kekhawatiran yang semakin besar tentang penggunaan teknologi AI untuk melakukan kecurangan pada saat ujian.

Alasan utama peningkatan penggunaan AI ini adalah karena ChatGPT, yang merupakan kecerdasan buatan sangat canggih. ChatGPT dikenal karena kemampuannya menghasilkan konten yang nyaris sempurna. Ketersediaannya yang gratis menghasilkan peningkatan besar dalam jumlah pengguna. Namun, seperti sistem apa pun, AI memiliki keterbatasan.

Kacau, Mahasiswa di Australia Gunakan AI untuk Mengerjakan Tugas Kampus

Salah satu keterbatasan ChatGPT adalah tidak memiliki akses ke internet, yang berarti tidak selalu up to date dengan informasi-informasi terbaru, dan batas waktu pengetahuannya adalah September 2021. Selain itu, AI tidak bisa memastikan keakuratan informasi yang diberikannya.

Hal ini menyebabkan AI membuat Asumsi atau menyimpulkan makna dari kata tertentu, daripada menyajikan informasi yang sudah diverifikasi.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini