Share

Mengenal Super New Moon, Fenomena yang akan Terjadi Sebentar Lagi

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2023 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 56 2748550 mengenal-super-new-moon-fenomena-yang-akan-terjadi-sebentar-lagi-Y1DLu6hzwD.jpg Mengenal Super New Moon, Fenomena yang akan Terjadi Sebentar Lagi

Fenomena Super New Moon atau yang biasa disebut dengan fase bulan baru, akan terjadi sebentar lagi. Menurut pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, fenomena ini akan terjadi di tanggal 21 januari 2023.

Dilansir dari NASA, fenomena ini terjadi ketika orbit Bulan berada di titik yang paling dekat (Perigee) ke Bumi di saat fase bulan penuh. Bulan sendiri mengorbit Bumi dalam lintasan berbentuk elips, sebuah yang akan membawa bulan lebih dekat atau lebih jauh dari Bumi saat berputar.

Titik terjauh dalam lintasan elips ini disebut Apogee dan berjarak rata-rata sekitar 253.000 mil (405.500 kilometer) dari Bumi.

Sebaliknya, titik terdekat dalam lintasan elips ini disebut dengan perigee, yang jarak rata-ratanya sekitar 226.000 mil (363.300 kilometer) dari Bumi. Ketika bulan purnama muncul di saat Perigee, bulan akan terlihat sedikit lebih terang dan lebih besar dari bulan purnama biasa, dari sinilah hadir istilah “Supermoon”.

Istilah "supermoon" sendiri diciptakan pada tahun 1979 dan sering digunakan untuk menggambarkan apa yang para astronom sebut sebagai bulan purnama perigean atau bulan purnama yang terjadi di dekat atau pada saat Bulan berada pada titik terdekat dalam orbitnya saat mengelilingi Bumi.

Biasanya dalam satu tahun, fenomena super new moon terjadi sekitar 2-3 kali.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini