Share

Dampak Fenomena Super New Moon Ternyata Cukup Berbahaya, Cek Faktanya!

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2023 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 56 2748576 dampak-fenomena-super-new-moon-ternyata-cukup-berbahaya-cek-faktanya-wJyvpgmFiH.jpg Dampak Fenomena Super New Moon Ternyata Cukup Berbahaya, Cek Faktanya!

Musim hujan mulai tiba di Indonesia. Musim hujan biasanya akan berlangsung dari bulan Januari hingga bulan Maret. Pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati, karena mereka memprakirakan bahwa curah berada di angka yang cukup tinggi.

Kondisi ini diakibatkan oleh adanya fenomena Super New Moon (jarak terdekat bulan ke bumi) atau fase bulan baru. Fenomena ini memiliki potensi meningkatkan pasang air laut ke batas tertinggi, ini bisa berakibat banjir di berbagai wilayah.

Peningkatan signifikan pasang air laut tentu saja akan berdampak pada daerah pesisir Indonesia. Gelombang tinggi hingga 6 meter bisa saja terjadi di perairan Indonesia. 

Dilansir dari Antara News, Gelombang setinggi 4-6 meter berpotensi di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, Laut Maluku, dan perairan Yos Sudarso.

Gelombang setinggi 1-2 meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, seperti perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan utara Sabang, Teluk Lampung Bagian Selatan, Selat Sumba bagian selatan, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan NTT.

Pihak BMKG menghimbau kepada para masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama para nelayan, karena gelombang tinggi tersebut bisa membahayakan nyawa para nelayan yang sedang melaut.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini