Share

Petinggi Taliban Kini Punya Centang Biru di Twitter

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2023 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 19 54 2749189 petinggi-taliban-kini-punya-centang-biru-di-twitter-jDHol2E5MW.jpg Ilustrasi Twitter. (Foto: Shutterstock)

SEJAK dibeli oleh Elon Musk, Twitter memang membuat beberapa kebijakan baru, baik untuk internal perusahaan maupun untuk para pengguna. Salah satu kebijakan yang berubah untuk para pengguna adalah layanan centang biru.

Jika dahulu centang biru hanya bisa didapatkan oleh segelintir orang, kini mereka yang mau membayar bisa mendapatkan centang biru. Bukan hanya artis atau pejabat top saja, kelompok Taliban tak ketinggalan juga memanfaatkan layanan verifikasi berbayar yang ditawarkan Elon Musk untuk membuat akun mereka memiliki lencana centang biru.

Seperti dihimpun dari Metro, setidaknya ada dua pejabat dari kelompok kontroversial itu yang telah membayar USD8 atau setara Rp 120 ribu untuk tanda centang verifikasi baru yang mengkilap di akun mereka.

Twitter

Mereka adalah kepala departemen Taliban untuk 'akses ke informasi', Hedayatullah Hedayat serta kepala pengawas media di Kementerian Informasi dan Kebudayaan Afghanistan, Abdul Haq Hammad.

Selain para pejabat yang menggunakan layanan berlangganan di media sosial berlogo burung tersebut, empat pendukung Taliban terkemuka di Afghanistan ditemukan menggunakan tanda centang biru.

Follow Berita Okezone di Google News

Salah satunya adalah Muhammad Jalal, yang sebelumnya diidentifikasi sebagai pejabat Taliban. Setelah mendapat centang biru, ia pun memuji pemilik baru Twitter menyatakan bahwa Elon Musk membuat Twitter berjaya kembali.

Namun, mulai hari Selasa kemarin, kedua akun tersebut tidak lagi bertanda centang biru. Penghapusan tanda verifikasi tampaknya mengikuti kemarahan para pengguna terhadap penguasa garis keras Afghanistan itu.

Pada bulan November, Elon Musk mengumumkan langganan Twitter Blue yang mencakup fitur verifikasi. Fitur ini akhirnya diluncurkan pada bulan Desember menawarkan manfaat dari 'peringkat prioritas dalam pencarian, sebutan, dan balasan' untuk membantu melawan spam dan bot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini