Share

Apakah yang akan Terjadi dengan Bumi jika Matahari Tiba-Tiba Padam

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Sabtu 21 Januari 2023 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 21 56 2750462 apakah-yang-akan-terjadi-dengan-bumi-jika-matahari-tiba-tiba-padam-ZZd99LiHRI.jpg Apa yang akan Terjadi dengan Bumi Jika Matahari Tiba-Tiba Padam?

Pernakah kalian membayangkan apa yang terjadi jika Matahari tiba-tiba menghilang? Atau apa yang akan kita lakukan jika Matahari tiba-tiba padam?

Matahari adalah bintang dan pusat tata surya kita. Semua yang ada di tata surya kita berputar mengelilingi Matahari. Agak mustahil untuk memahami sepenuhnya betapa pentingnya Matahari bagi kehidupan di Bumi.

Massa Matahari yang sangat besar menarik semua planet lain di tata surya ke arahnya. Karena Bumi dan semua planet lainnya bergerak sangat cepat di luar angkasa, keberadaan Matahari membuat planet-planet terus bergerak mengitari dirinya sendiri. Jika Matahari tiba-tiba menghilang, Bumi dan planet lain akan tetap bergerak maju, terbang ke luar angkasa dalam garis lurus.

Tidak ada yang tahu apa saja yang akan terjadi, namun bisa dipastikan bahwa penduduk bumi akan menghilang di luar angkasa!

Tanpa Matahari, tidak akan ada manusia di muka bumi. Para ilmuwan yang telah mempelajari asal-usul kehidupan di Bumi menunjukkan posisi Bumi yang sempurna antara jaraknya dari Matahari, ini adalah salah satu faktor utama dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan adanya kehidupan di Bumi.

Jadi apa yang akan terjadi pada kehidupan jika Matahari tiba-tiba menghilang? Cahaya dari Matahari membutuhkan waktu delapan setengah menit untuk mencapai Bumi, kita tidak akan langsung menyadarinya jika Matahari tiba-tiba padam atau menghilang. Namun, sembilan menit kemudian, bumi akan dilanda kegelapan total, tidak ada cahaya sama sekali.

Follow Berita Okezone di Google News

Jika Bumi tiba-tiba gelap apakah kita bisa melihat Bulan? Tentu tidak, karena Bulan tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Kita bisa melihat Bulan, karena Bulan sebenarnya memantulkan cahaya Matahari. Saat sinar matahari yang menyinari Bulan menghilang. Hal yang sama berlaku untuk banyak benda langit lainnya di langit, seperti planet, yang kita lihat hanya karena pantulan cahaya Matahari.
Tanpa kehangatan Matahari, Bumi akan menjadi tempat yang jauh lebih dingin dari sekarang. Untungnya, Bumi menahan panas dengan cukup baik, sehingga manusia tidak akan langsung membeku. Namun, kehidupan akan jauh lebih sulit.

Jika Bumi tiba-tiba gelap apakah kita bisa melihat Bulan? Tentu tidak, karena Bulan tidak menghasilkan cahayanya sendiri. Kita bisa melihat Bulan, karena Bulan sebenarnya memantulkan cahaya Matahari.

Saat sinar matahari yang menyinari Bulan menghilang. Hal yang sama berlaku untuk banyak benda langit lainnya di langit, seperti planet, yang kita lihat hanya karena pantulan cahaya Matahari.

Tanpa kehangatan Matahari, Bumi akan menjadi tempat yang jauh lebih dingin dari sekarang. Untungnya, Bumi menahan panas dengan cukup baik, sehingga manusia tidak akan langsung membeku. Namun, kehidupan akan jauh lebih sulit.

Meskipun tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi, para ilmuwan memperkirakan bahwa rata-rata suhu permukaan global akan turun di bawah -18º C dalam seminggu atau lebih. Mungkin di beberapa belahan dunia saat ini pernah mencapai suhu tersebut, lantas apa bedanya?

Masalahnya adalah suhu akan terus menurun dengan cepat. Dalam setahun, rata-rata suhu permukaan global bisa turun jauh di bawah -73º C, Pada saat itu, lapisan atas lautan dunia akan membeku.

Meskipun lapisan atas lautan yang beku akan melindungi perairan dalam di bawahnya, menjaganya tetap cair selama ratusan ribu tahun, pada akhirnya akan semua yang ada di Bumi akan membuka ketika suhu permukaan global mencapai angka membeku saat Bumi bergerak menuju suhu permukaan global rata-rata yang stabil sekitar -240º C.

Pada saat itu, atmosfer akan membeku dan jatuh ke Bumi, membuat siapa pun yang masih hidup terpapar radiasi kosmik yang sangat berbahaya yang bergerak melalui ruang angkasa.

Tanpa sinar Matahari, semua proses fotosintesis di Bumi akan berhenti. Semua tumbuhan akan mati dan, pada akhirnya, semua hewan yang bergantung pada tumbuhan sebagai makanan, termasuk manusia akan mati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini