Share

Apakah Singa Benar-Benar Sang Raja Hutan?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Minggu 22 Januari 2023 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 56 2751093 apakah-singa-benar-benar-sang-raja-hutan-P2uvm2PI4A.jpg Apakah Singa Benar-Benar Sang Raja Hutan?

Singa adalah salah satu hewan yang paling buas di muka bumi. Mereka berukuran besar, mampu berlari cepat, memiliki gigi tajam, dan penampilan yang gahar. Tapi, apakah singa benar-benar raja hutan? Menurut para ahli, jawabannya secara teknis adalah tidak. Faktanya, singa bahkan tidak hidup di hutan. Singa sendiri memiliki habitat di gurun.

Saat ini, Sebagian besar singa hidup di Afrika. Negara-negara seperti Tanzania, Bostwana, dan Mozambik adalah rumah bagi para kawanan singa. Kucing berukuran raksasa ini juga bisa di kawasan lain di benua Afrika, sejumlah kecil singa juga bisa ditemukan di India.

Jika singa benar-benar hidup di hutan, para ahli yang benar-benar mempelajari hewan ini pasti sepakat mengatakan bahwa, singa adalah RATU hutan bukan RAJA hutan. Mengapa demikian? Dalam kawanan singa, sang betinalah yang lebih aktif untuk berburu dan lain-lain.

Fakta bahwa singa hidup berkelompok membedakan mereka dari spesies kucing besar lainnya. Mereka sebenarnya jauh lebih โ€œramahโ€ daripada saudara kucing mereka lainnya. Kawanan singa dapat berkisar dari tiga hingga 40 ekor. Namun, jumlah rata-ratanya adalah sekitar 13 singa dewasa yang hidup bersama.

Biasanya, kawanan tersebut sebagian besar terdiri dari singa betina. Faktanya, kawanan yang lebih kecil bisa saja hanya terdiri dari satu singa jantan dewasa. Tugas utama kucing jantan dalam kawanan adalah sebagai pelindung. Auman singa dapat terdengar hingga 5 kilometer, memperingatkan kawanan lain singa individu untuk menjaga jarak.

Follow Berita Okezone di Google News

Terlepas dari aumannya yang terdengar ganas dan gahar, singa jantan bukanlah pemburu utama dalam suatu kawanan. Sebaliknya, singa betina lah yang mengambil sebagian besar tanggung jawab untuk memberi makan kelompok. Kawanan singa betina biasa berburu bersama di malam hari untuk menyediakan makanan bagi kawanannya, termasuk anak singa dan singa jantan.

Dalam banyak kasus, singa betina dalam suatu kawanan semuanya berhubungan. Mereka berbagi tanggung jawab membesarkan anak-anak mereka, bahkan seringkali melahirkan pada waktu yang hampir bersamaan.

Mereka juga melindungi anaknya dari singa yang menyerang kawanannya. Kebanyakan singa betina akan hidup dengan kelompok yang sama sampai akhir hayat mereka. Namun, beberapa pergi untuk membentuk kawanan mereka sendiri di tempat lain.

Sebaliknya, hampir semua singa jantan meninggalkan kawanannya saat mereka berusia sekitar tiga tahun. Sebagian besar akan hidup sendiri selama beberapa waktu. Kemudian, mereka akan masuk ke kawanan baru sebagai singa dewasa yang akan bertugas untuk membantu melindungi wilayah dan menghasilkan keturunan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini