Share

Kenapa Anjing Suka Tulang?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 56 2751615 kenapa-anjing-suka-tulang-L0zWaF9mGI.jpg Kenapa Anjing Suka Tulang?

Pasti kalian tahu bahwa anjing gemar sekali mengunyah dan menggigit tulang? Apakah tulang sebenarnya adalah makanan favorit anjing? Atau mungkin hanya sekadar iseng?

Penelitian telah mengungkapkan bahwa anjing-anjing saat ini adalah keturunan serigala yang merupakan keturunan dari anjing purba yang hidup dan berburu secara berkelompok sekitar delapan juta tahun yang lalu. Nenek moyang purba spesies anjing ini biasa disebut dengan "hiperkarnivora" yang memiliki pola makan lebih dari 70% daging.

Seiring berjalannya waktu, hewan ini mengembangkan gigi dan rahang yang kuat untuk memakan, memangsa, dan memburu mangsa yang lebih besar. Gigi dan rahang yang kuat itu diturunkan ke anjing modern. Karena dulu mereka dapat memakan bagian mana pun dari mangsanya, termasuk tulang, mereka terus melakukannya hingga hari ini.

Ada banyak alasan mengapa anjing menyukai tulang. Pertama-tama, karena bagi anjing tulang itu mungkin memiliki rasa yang enak dan juga bergizi. Sumsum tulang kaya akan lemak dan tulang yang menyembunyikan sumsum mengandung kalsium yang tinggi. Daging yang tertinggal di tulang mengandung banyak protein.

Mengunyah tulang juga kegiatan yang cukup menyenangkan bagi anjing. Kegiatan ini mengurangi rasa bosan dan memuaskan keinginan bawaan mereka untuk mengunyah sesuatu. Mengunyah juga bisa merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon yang berhubungan dengan kebahagiaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Anjing juga mendapatkan manfaat untuk gigi dari mengunyah tulang. Saat gigi mengikis tulang, plak-plak di gigi anjing bisa dibersihkan, selain itu bisa membantu mengurangi penumpukan karang gigi. Mengunyah tulang bahkan bisa membantu mengurangi bau mulut anjing itu.

Mengunyah tulang atau memakan tulang bukan tanpa risiko. Dokter hewan akan memberitahu beberapa bahaya mengunyah dan memakan tulang seperti gigi patah, masalah pencernaan, dan infeksi akibat pecahan tulang yang bisa melubangi perut dan usus.

Untuk menghindari bahaya, anjing harus selalu diawasi saat sedang mengunyah tulang. Pemilik juga harus berhati-hati tentang jenis tulang yang mereka berikan kepada anjingnya. Misalnya, para ahli memperingatkan bahwa pemilik anjing tidak boleh memberikan tulang yang sudah dimasak, karena beresiko menjadi rapuh dan pecahannya tertelan saat dikunyah.

Tulang sumsum mentah adalah yang paling baik untuk anjing. Pastikan saja tulangnya tidak bisa ditelan utuh. Jika Anda tidak ingin mengambil risiko dari tulang mentah, ada beragam tulang buatan yang khusus dibuat untuk dikunyah anjing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini