Share

Microsoft Kucurkan Dana Senilai Lebih dari Miliaran Dolar untuk Teknologi AI

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 54 2752056 microsoft-kucurkan-dana-senilai-lebih-dari-miliaran-dolar-untuk-teknologi-ai-GUI2YzTYRd.jpg Microsoft Kucurkan Dana Senilai Lebih dari Miliaran Dolar untuk Teknologi AI

Beberapa waktu lalu pihak Microsoft mengumumkan investasi senilai miliaran dolar di OpenAI, guna mempererat hubungan dengan startup di balik fitur chatbot, ChatGPT.

Mereka menggembar-gemborkan revolusi dalam teknologi kecerdasan buatan (AI), Microsoft berinvestasi di teknologi AI pada OpenAI hampir empat tahun lalu, ketika mendedikasikan $1 miliar untuk startup yang didirikan bersama oleh Elon Musk dan seorang investor, Sam Altman.

Dalam sebuah postingan blog, pihak Microsoft mengumumkan "fase ketiga" dari kemitraannya dengan OpenAI "melalui investasi multi-tahun dan multi-miliaran dolar" termasuk pengembangan superkomputer tambahan dan dukungan cloud-computing untuk OpenAI. Kedua perusahaan akan dapat mengkomersialkan teknologi AI yang dihasilkan nantinya.

Microsoft menggerakkan lebih banyak sumber daya untuk menjaga kedua perusahaan tetap sebagai yang terdepan di bidang kecerdasan buatan, melalui apa yang disebut dengan AI generatif, sebuah teknologi yang dapat belajar dari data cara membuat hampir semua jenis konten hanya lewat text prompt.

Minggu lalu, Microsoft mengatakan akan memasukkan teknologi AI semacam ini ke dalam semua produknya, karena OpenAI terus mengembangkan penciptaan kecerdasan buatan yang akan semakin mirip dengan kecerdasan manusia.

Microsoft telah mulai menambahkan teknologi OpenAI ke mesin pencarinya Bing, ini bisa berpontesi menjadi saingan sang pemimpin industri, yaitu Google.

Pertaruhan Microsoft di teknologi AI dibayar mahal dengan pemecatan lebih dari 10.000 karyawan mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini