Share

Hewan Apa yang Memiliki Indera Pendengaran Paling Tajam?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 56 2751933 hewan-apa-yang-memiliki-indera-pendengaran-paling-tajam-lCNaJpKNEW.jpg Hewan Apa yang Memiliki Indera Pendengaran Paling tajam?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa, banyak spesies hewan yang memiliki indera pendengaran yang jauh lebih tajam dari manusia.

Faktanya, beberapa spesies dapat mendengar rentang frekuensi yang lebih luas daripada manusia, misalnya kucing. Kucing dapat mendengar suara antara 45 dan 64.000 hertz (Hz), sedangkan manusia hanya terbatas di antara 64 dan 23.000 Hz.

Bagaimana dengan hewan lain yang cukup dekat dengan kita seperti anjing? Ternyata indera pendengaran mereka juga melampaui manusia, dengan kisaran 67-45.000 Hz.

Banyak hewan lain dapat mendengar berbagai jenis suara yang mungkin tidak bisa kita dengar sebelumnya. Misalnya, gajah dapat merasakan frekuensi yang sangat rendah, hingga 16 Hz. Hal ini memungkinkan gajah mendengar suara awan di udara yang bergerak mendekat.

Tetapi, dari semua hewan yang sudah disebutkan di atas tidak satu pun spesies yang meraih gelar hewan dengan “indera pendengaran paling tajam”. Gelar ini ternyata jatuh kepada salah satu spesies serangga, yaitu ngengat.

Indera pendengaran ngengat memiliki rentang frekuensi terluas, hingga 300.000 Hz. Para peneliti berpendapat bahwa indra pendengaran ngengat yang tajam mungkin telah berevolusi untuk membantu mereka melarikan diri dari pemangsa utama, yaitu: kelelawar.

Kelelawar adalah salah satu spesies hewan yang yang juga memiliki indera pendengaran tertajam di antara mamalia. Berkat kemampuan ekolokasi, mereka dapat merasakan rentang frekuensi suara antara 2.000 dan 110.000 Hz, kemampuan ini sangat membantu kelelawar dalam berburu.

Ada beberapa spesies hewan yang tidak membutukan telinga untuk mendengar. Bahkan, beberapa spesies tidak memiliki telinga sama sekali, seperti gurita dan cumi-cumi.

Mereka tidak memiliki telinga, dan selama bertahun-tahun, para ahli mengira bahwa mereka tidak memiliki indera pendengaran. Ternyata kedua hewan tersebut tetap dapat mendengar, namun indera pendengarannya terbatas dan hanya bisa mendengar di frekuensi rendah.

Tentu saja, tidak semua binatang bisa mendengar. Sama seperti manusia, banyak hewan yang terlahir tanpa pendengaran atau kehilangan kemampuan setelah sakit atau cedera.

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini