Share

Kenapa Hujan Membuat Kita Mengantuk?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 56 2752141 kenapa-hujan-membuat-kita-mengantuk-PMG3545h7x.jpg Kenapa Hujan Membuat Kita Mengantuk?

Apakah Anda sering mengantuk saat cuaca hujan? Jika ya, Anda tentu tidak sendirian. Banyak orang mengatakan, ketika hujan turun mereka cenderung akan mengantuk, bahkan bisa langsung tertidur. Bahkan, orang kerap sering menggunakan rekaman suara hujan untuk membantu mereka tertidur di malam hari. Lantas, mengapa hujan memiliki efek ini pada manusia?

Ada beberapa alasan mengapa hujan bisa membuat kita mengantuk. Salah satunya adalah kurangnya sinar matahari. Ketika manusia terkena sinar matahari, maka tubuh kita melepaskan lebih sedikit melatonin dan lebih banyak serotonin.

Hal ini akan membuat orang merasa lebih segar dan terjaga. Sebaliknya, jika kurang serotonin karena tidak ada cahaya matahari saat hujan, maka orang cenderung lebih lemas dan mengantuk.

Kelembaban suatu hari hujan juga menjadi alasan mengapa kita mengantuk saat hujan. Saat hujan, udara di luar terasa “berat”. Akibatnya, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan homeostasis (mekanisme otomatis makhluk hidup mempertahankan kondisi konstan agar tubuh berfungsi normal, meskipun terjadi perubahan pada lingkungan). Tentu saja, ini bisa membuat tubuh kita terasa lebih lelah, jadi kita cenderung cepat mengantuk.

Suara hujan juga berperan. Hujan termasuk ke dalam “pink noise”, Ini berarti mencakup semua frekuensi yang dapat didengar manusia, seperti “white noise”. Namun, ini berbeda dari “white noise” karena energi tidak terdistribusi secara merata di semua frekuensi dalam “pink noise”

Sebuah studi menemukan bahwa “pink noise” menurunkan gelombang otak. Para ahli percaya “pink noise” yang dihasilkan hujan bisa menjadi bantuan tidur yang potensial. Hujan bukan satu-satunya contoh "pink noise" di alam. Contoh lain termasuk gemerisik dedaunan, angin, dan suara detak jantung Anda sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini