Share

5 Kebiasaan yang Buat Baterai Handphone Cepat Rusak, Tapi Masih Sering Dilakukan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2023 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 57 2752027 5-kebiasaan-yang-buat-baterai-handphone-cepat-rusak-tapi-masih-sering-dilakukan-Bd4N9uGN8o.jpg Ilustrasi Charger Handphone. (Foto: Shutterstock)

BATERAI merupakan salah satu komponen handphone yang kerap mengalami kerusakan. Baterai drop atau bahkan sama sekali tidak mengisi daya memang lazim terjadi, apalagi jika umur handphone kita memang sudah cukup lama.

Selain umur, daya tahan sebuah baterai handphone memang sering kali disebabkan oleh kebiasaan buruk saat melakukan pengecasan. Banyak pemilik handphone yang tidak memperhatikan tata cara pengecasan yang baik dan benar sesuai dengan instruksi pabrikan.

Mengingat pengecasan menjadi ritual yang sering sekali dilakukan, tidak sedikit dari mereka yang abai akan keamanan. Nah berikut ini adalah 5 Kesalahan fatal yang sering dilakukan saat mengecas handphone, melansir dari Gizchina.

Charger Handphone

Tidak menggunakan charger resmi

Kesalahan yang paling sering dilakukan para pemilik handphone adalah mengecas menggunakan charger yang tidak resmi dari pabrikan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan handphone karena mungkin saja kualitas komponen yang digunakan pada charger sangatlah buruk.

Mengecash sampai Penuh

Menurut para ahli, waktu pengecasan yang paling baik itu dilakukan saat kapasitas baterai menyentuh angka 20% hingga 80%. Nyatanya, banyak pemilik handphone yang mengecah handphone mereka dalam waktu lama saat persentase baterai mencapai angka 100%.

Membiarkan kepala charger tercolok

Agar usia handphone bisa tahan lebih lama, cabut pengisi daya dari stopkontak segera setelah menggunakannya. Kebiasaan buruk ini dapat merusak komponen kepala charger dan juga sel baterai, akibatnya, durasi dan masa manfaat perangkat akan terpengaruh.

Follow Berita Okezone di Google News

Mengecas hingga handphone panas

Suhu memiliki peran penting dalam daya tahan dan peningkatan masa pakai baterai. Ini mungkin merupakan ancaman terbesar bagi kesehatan baterai dalam jangka panjang. Suhu panas saat mengecas dapat menyebabkan baterai dapat rusak lebih cepat.

Memainkan handphone saat mengecas

Bermain game atau menonton video sambil mengisi daya sangat berbahaya karena menyebabkan siklus pengisian daya terdistorsi. Itu membuat baterai smartphone menjadi panas, dan bukan tidak mungkin handphone akan rusak segera.

Nah untuk memakaimalkan masa pakai baterai, berikut langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan:

- Hindari mengisi daya selama satu siklus penuh (0-100%).

- Mengakhiri pengisian daya pada 80-90% lebih baik untuk baterai daripada mengisi daya hingga 100%.

- Saat handphone sudah dingin, gunakan teknologi rapid charging dengan hati-hati

- Panas adalah pembunuh baterai nomor satu. Jauhkan handphone Anda dari hot spot dan jangan menutupinya saat mengisi daya

- Untuk meminimalkan panas, hindari bermain game yang intens, streaming film, atau melakukan beban kerja intensif lainnya saat mengisi daya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini