Share

Benarkah di Neptunus Hujan Berlian?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 56 2752569 benarkah-di-neptunus-hujan-berlian-M6yhmODOYy.jpg Benarkah di Neptunus Hujan Berlian

Sebagai planet terjauh dari Matahari, Neptunus memang sangat sulit untuk dipelajari. Ternyata, Neptunus adalah salah satu dari dua planet di tata surya kita yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Neptunus juga satu-satunya planet yang diprediksi keberadaannya oleh ahli matematika sebelum benar-benar bisa terlihat.

Tentu saja saat ini para peneliti dan ilmuwan sudah tahu lebih banyak tentang Neptunus daripada sebelumnya. Pada tahun 1981, seorang ilmuwan bernama Marvin Ross memprediksi bahwa Neptunus memiliki hujan berlian.

Dia mengatakan bahwa planet Uranus dan Neptunus mungkin mengalami fenomena ini. Pada tahun 2020, sebuah eksperimen membuktikan hal ini memang bisa terjadi.

Untuk melakukan eksperimen ini, para peneliti di Universitas Stanford menciptakan sebuah kondisi Neptunus di dalam lab mereka. Mereka mulai dengan menerapkan panas dan tekanan ekstrem pada polistiren. Kemudian, mereka mengirimkan gelombang kejut melalui material menggunakan laser.

Dengan menggunakan sinar-x, mereka mengamati apa yang terjadi. Unsur-unsur penyusun polistiren ternyata terpisah satu sama lain, kemudian menghasilkan atom karbon dan hidrogen. Di bawah tekanan, karbon tersebut berubah menjadi berlian di depan mata mereka. Berdasarkan temuan ini, para peneliti percaya kemungkinan besar berlian memang menghujani planet Neptunus.

Di Neptunus, satu tahun berlangsung selama 60.190 hari. Namun, planet terjauh dari Matahari ini mengalami hari yang lebih pendek daripada di Bumi. Neptunus menyelesaikan rotasi setiap 16 jam sekali.

Planet ini terkadang lebih jauh dari Matahari daripada Pluto. Inilah salah satu alasan mengapa manusia begitu sulit mempelajari planet ini. Sangat sulit untuk bisa sampai ke sana! Hanya satu pesawat luar angkasa yang pernah mengunjungi Neptunus, yaitu Voyager 2.

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini