Share

6 Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 57 2752739 6-cara-memperbaiki-headset-yang-mati-sebelah-54VCZZb1tf.jpg 6 Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah

Mati sebelah adalah masalah yang paling sering terjadi di headset berkabel. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, terutama bagi orang-orang yang hampir setiap hari menggunakan perangkat tersebut. Nah, Okezone punya 6 tips cara memperbaiki headset yang mati sebelah:

1. Periksa kabel

Banyak dari pengguna ponsel mencabut headset mereka langsung dari kabelnya, bukan menarik secara perlahan dari bagian jack-nya. Jika terlalu sering melakukan hal ini maka akan menyebabkan kabel rusak, bahkan bisa putus.

Kabel yang rusak bisa berada di mana saja di sekitar kabel atau di dekat jack. Jika berhasil menemukan kabel yang terputus atau rusak, maka Anda harus menyambung kabel tersebut. Jika kerusakan terjadi di area dekat bagian jack, coba untuk menahan bagian tersebut, jika kedua headset tiba-tiba berfungsi, maka Anda bisa menahan sedikit lebih lama untuk memperbaiki kerusakan, jika rusak lagi, maka Anda harus membongkar kabel dari bagian yang menyambung ke jack, hingga ke bagian headset yang menempel di telinga.

2. Cek settingan audio di ponsel Anda

Ternyata pengaturan audio perangkat Anda bisa saja menjadi penyebab headset yang mati sebelah, terutama jika opsi mono audio diaktifkan secara tidak sengaja. Untuk mengatasinya, simak langkah-langkah berikut:.

  • Hubungkan earphone/headset Anda ke perangkat dan mulai putar musik, video, atau apapun yang mengeluarkan suara.
  • Tekan tombol volume di samping (baik untuk menambah atau mengurangi volume). Bilah volume akan muncul di sisi layar Anda. Ketuk tiga titik vertikal yang ada bilah volume untuk memunculkan opsi pengaturan memberikan lebih banyak opsi.
  • Pilih Level > pilih Balance
  • Dengarkan musik dan terus ubah balance audio hingga ke level suara di kedua sisi headset Anda sama.

Jika ini tidak menyelesaikan masalah, maka ada bagian kabel earphone yang mungkin rusak.

3. Restart perangkat

Biasanya ponsel akan melakukan update otomatis, ternyata proses update ini bisa berpengaruh pada settingan audio headset nirkabel ataupun yang menggunakan kabel.

Untuk mengatasi masalah ini, coba restart perangkat, kemudian “lupakan” perangkat-perangkat audio yang sudah pernah terhubung, kemudian setting ulang seperti saat kita melakukan pairing untuk pertama kali. Hal ini cukup sering terjadi pada headset nirkabel.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Luruskan dan rapikan kabel headset
Membungkus atau mengikat kabel earphone untuk memasukkan headset ke dalam saku Anda ternyata bisa menyebabkan salah satu atau kedua “earbud” berhenti berfungsi. Untuk mengetahui bagian pasti dari kabel bermasalah, ikuti langkah berikut 
Hubungkan earphone Anda ke perangkat Anda dan putar musik.
Sambil mendengarkan, pegang kabelnya secara bertahap, kemudian luruskan secara perlahan dari kabel dekat earbud hingga ke bagian jack.
Amati dan ketahui tempat persis yang Anda sentuh, yang membuat kedua earbud bisa kembali berfungsi normal. 
Jika sudah mengetahui tempat yang bermasalah, Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan selotip kertas agar kabelnya tidak berantakan dan tetap lurus.
5. Coba bandingkan dulu dengan headset lain
Penyebab headset mati sebelah biasanya ada dua faktor, antara sistem ponsel yang bermasalah atau headset itu sendiri yang memang sudah rusak. Jika headset Anda rusak sebelah, coba bandingkan dengan headset lain, jika headset lain saat digunakan di perangkat Anda juga rusak sebelah, berarti ada masalah di sistem perangkat Anda. Begitu pula sebaliknya jika headset lain yang Anda gunakan berfungsi normal, maka headset Anda yang rusak, bukan sistem perangkat Anda.
6. Bersihkan bagian jack headset
Mungkin salah satu alasan headset Anda mati sebelah adalah bagian jack headset yang kotor. Bagian jack headset adalah penghubung antara headset dengan perangkat Anda. Jika terkena kotoran, debu, atau air karena diletakkan di sembarang tempat, hal ini bisa menyebabkan headset tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
Kalian bisa menggunakan kapas untuk membersihkan jack headset (pastikan tidak ada sisa kapas yang tersisa). Menggunakan cotton bud dengan alkohol juga disarankan, tapi pastikan jangan sampai terlalu basah, karena jack headset bisa berkarat.

4. Luruskan dan rapikan kabel headset

Membungkus atau mengikat kabel earphone untuk memasukkan headset ke dalam saku Anda ternyata bisa menyebabkan salah satu atau kedua “earbud” berhenti berfungsi. Untuk mengetahui bagian pasti dari kabel bermasalah, ikuti langkah berikut: 

  • Hubungkan earphone Anda ke perangkat Anda dan putar musik.
  • Sambil mendengarkan, pegang kabelnya secara bertahap, kemudian luruskan secara perlahan dari kabel dekat earbud hingga ke bagian jack.
  • Amati dan ketahui tempat persis yang Anda sentuh, yang membuat kedua earbud bisa kembali berfungsi normal. 
  • Jika sudah mengetahui tempat yang bermasalah, Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan selotip kertas agar kabelnya tidak berantakan dan tetap lurus.

5. Coba bandingkan dulu dengan headset lain

Penyebab headset mati sebelah biasanya ada dua faktor, antara sistem ponsel yang bermasalah atau headset itu sendiri yang memang sudah rusak.

Jika headset Anda rusak sebelah, coba bandingkan dengan headset lain, jika headset lain saat digunakan di perangkat Anda juga rusak sebelah, berarti ada masalah di sistem perangkat Anda. Begitu pula sebaliknya jika headset lain yang Anda gunakan berfungsi normal, maka headset Anda yang rusak, bukan sistem perangkat Anda.

6. Bersihkan bagian jack headset

Mungkin salah satu alasan headset Anda mati sebelah adalah bagian jack headset yang kotor. Bagian jack headset adalah penghubung antara headset dengan perangkat Anda. Jika terkena kotoran, debu, atau air karena diletakkan di sembarang tempat, hal ini bisa menyebabkan headset tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Anda bisa menggunakan kapas untuk membersihkan jack headset (pastikan tidak ada sisa kapas yang tersisa). Menggunakan cotton bud dengan alkohol juga disarankan, tapi pastikan jangan sampai terlalu basah, karena jack headset bisa berkarat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini