Share

Berapa Kali Bumi Mengalami Kepunahan Massal?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 56 2753675 berapa-kali-bumi-mengalami-kepunahan-massal-PVNX97TG3n.jpg Berapa Kali Bumi Mengalami Kepunahan Massal?

Ternyata Bumi pernah mengalami lima peristiwa kepunahan massal. Dilansir dari Ourworldindata, Kepunahan massal sendiri biasanya terjadi saat lebih dari 70% spesies musnah dari muka bumi ini.

Kepunahan massal terjadi karena berbagai sebab, dari mulai perubahan iklim yang sangat ekstrim hingga dampak benturan asteroid.

Lima peristiwa kepunahan massal atau biasa disebut โ€œThe Big 5โ€ terjadi dari berbagai periode yaitu, Akhir Ordovisium (444 juta tahun yang lalu), Devonian Akhir (360 juta tahun lalu), Akhir Permian (250 juta tahun lalu), dan Akhir Triassic (200 juta tahun lalu), Akhir Cretaceous (65 juta tahun lalu), inilah peristiwa yang memusnahkan spesies dinosaurus. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab kepunahan massal The Big 5:

BACA JUGA:Kisah Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Gigi Hiu Raksasa yang Punah 3,5 Juta Tahun Lalu

BACA JUGA:Kenapa Planet Bumi Tidak Memiliki Cincin, Ini Jawabannya!

1. Akhir Ordovisium

Kepunahan di Akhir Ordovisium terjadi karena periode glasial dan interglasial yang intens menciptakan guncangan besar di permukaan laut dan memindahkan garis pantai. Pengangkatan tektonik pegunungan Appalachian menciptakan perubahan iklim yang sangat drastis. 86% spesies punah saat itu.

2. Devonian Akhir

Sebanyak 75% spesies musnah karena peningkatan pertumbuhan dan diversifikasi tanaman yang sangat cepat menyebabkan pendinginan iklim global yang parah.

3. Akhir Permian

Aktivitas vulkanik yang intens di wilayah sekitar Siberia menyebabkan pemanasan global. Peningkatan kadar CO2 dan belerang (H2S) dari gunung berapi menyebabkan pengasaman air laut, hujan asam, dan perubahan kimiawi laut dan tanah lainnya. Fenomena ini menyebabkan 96% spesies punah dari muka bumi.

4. Akhir Triassic

Aktivitas vulkanik bawah air di Daerah Magmatik Atlantik Tengah menyebabkan pemanasan global, perubahan signifikan dalam komposisi kimia di lautan, yang kemudian memusnahkan 80% Spesies yang ada di bumi

5. Akhir Cretaceous

Asteroid yang jatuh di Yucatรกn, Meksiko menyebabkan bencana alam global, pendinginan global, serta punahnya spesies dinosaurus dari Bumi. yang cepat. Beberapa perubahan alam sebelum bencana yang ditandai dengan aktivitas vulkanik yang intens dan pengangkatan lempengan tektonik, mungkin sudah terjadi sebelum asteroid tersebut jatuh. (dra)

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini