Share

Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Andera Wiyakintra, Jurnalis · Sabtu 28 Januari 2023 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 56 2754472 axolotl-itu-ikan-reptil-atau-amfibi-gaGXnUjw73.jpg Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Axolotl, binatang unik nan menggemaskan yang terlihat seperti Pokemon ini, adalah hewan yang berasal dari perairan dekat Mexico City.

Makhluk ini memiliki kemampuan yang langka, yaitu mereka bisa tetap menjadi tahap larva sepanjang hidup mereka. Sementara amfibi lain tumbuh dan meninggalkan air untuk hidup di tanah kering, seperti kodok, kebanyakan axolotl tetap menjadi “bayi” seumur hidup mereka.

Axolotl sendiri sebenarnya adalah hewan berjenis amfibi. Tapi tunggu dulu, jika axolotl sepanjang hidupnya berada di air, harusnya mereka adalah spesies ikan.

Secara teknis memang seperti itu, tetapi itu tidak benar! Dalam kasus yang jarang terjadi, axolotl akan tumbuh dewasa, tidak menjadi “bayi” seumur hidup. Axolotl dewasa ini akan meninggalkan air dan hidup di darat, tetapi ini sangat jarang sekali terjadi.

Karena kemampuannya untuk tumbuh, bisa hidup di daratan, maka para ahli mengklasifikasikan axolotl sebagai amfibi. Saat axolotl tumbuh dewasa, mereka disebut dengan salamander Mexico.

Nama hewan lucu ini berasal dari bahasa Aztec yang berarti "anjing air" atau "monster air".. Axolotl memiliki tubuh memanjang, kaki pendek, dan ekor. Mereka memiliki insang luar “berbulu”. Axolotl memiliki empat jari di kaki depan dan lima jari di kaki belakang. Mereka bisa tumbuh hingga 30 cm.

Axolotl juga dikenal memiliki mulut yang cukup lebar. Jika diperhatikan dari sudut tertentu, Axolotl terlihat seperti secara permanen. Axolotl juga memiliki beragam warna, dari mulai, coklat, hitam, putih, dan bintik-bintik emas.

Follow Berita Okezone di Google News

Walaupun terlihat imut, ternyata mereka adalah predator puncak di habitatnya, mereka memangsa cacing, kecebong, serangga, dan beberapa jenis ikan.

Axolotl juga sangat agresif terhadap satu sama lain. Dua axolotl di area yang sama akan menyerang satu sama lain, menggigit insang, kaki, dan ekor. Axolotl memiliki kemampuan meregenerasi anggota dan organ tubuh, bahkan mereka bisa menumbuhkan jantung mereka sendiri.

Axolotl Itu Ikan atau Amfibi?

Axolotl termasuk ke dalam hewan nokturnal, artinya mereka menghindari cahaya. Seperti banyak hewan nokturnal lainnya, mereka memiliki penglihatan yang buruk dan mengandalkan indra lainnya, yaitu penciuman, untuk memburu mangsa.

Kita akan kesulitan untuk menemukan hewan ini di alam liar, karena amfibi ini memiliki habitat yang sangat kecil, mereka hanya hidup di danau dekat Mexico City. Akibat aktivitas manusia, sebagian besar habitat mereka telah hancur, mereka kerap diburu untuk dijadikan hewan peliharaan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini