Share

Mengapa Saat Daun Akan Gugur Warnanya Berubah Menjadi Kuning

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 23 Maret 2023 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 23 56 2785881 mengapa-saat-daun-akan-gugur-warnanya-berubah-menjadi-kuning-NaCQW9h2jf.jpg Mengapa Saat Daun Akan Gugur Warnanya Berubah Menjadi Kuning

Seperti diketahui, daun yang akan gugur biasanya berubah warna menjadi kuning. Perubahan ini akan semakin terlihat ketika peralihan dari musim panas ke musim dingin atau yang biasa disebut musim gugur.

Seluruh daun yang ada di pohon akan menguning tanpa terkecuali. Tapi pernahkah berpikir kenapa bisa demikian? Nah untuk menjawabnya, simak ulasan berikut, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Perlu diketahui bahwa daun diwarnai oleh molekul yang disebut pigmen. Pigmen yang menyebabkan daun berwarna hijau adalah klorofil. Sudah menjadi informasi umum jika Klorofil penting bagi tanaman untuk membuat makanan menggunakan sinar matahari.

Selama musim semi dan musim panas ketika ada banyak sinar matahari, tumbuhan menghasilkan banyak klorofil. Namun di musim gugur, ketika cuaca mulai dingin, beberapa tumbuhan berhenti membuat klorofil.

Sebaliknya, tanaman memecah klorofil menjadi molekul yang lebih kecil. Saat klorofil menghilang, pigmen lain mulai menunjukkan warnanya. Inilah sebabnya mengapa daun menjadi berwarna kuning atau merah di musim gugur.

Perubahan warna biasanya terjadi sebelum daun gugur dari pohon. Ini karena pohon membutuhkan banyak energi untuk membuat klorofil. Jika tumbuhan memecah klorofil dan mengeluarkannya dari daunnya sebelum daun gugur, tumbuhan akan menghemat energi.

Mereka dapat menyerap kembali molekul yang membentuk klorofil. Kemudian, saat cuaca cukup hangat dan cerah untuk tumbuh kembali, tumbuhan dapat menggunakan molekul tersebut untuk membuat kembali klorofil.

Dengan begitu tanaman tidak perlu membuat klorofil dari awal. Jadi perbedaan warna pada daun disebabkan oleh perubahan pigmen. Saat cuaca berubah, beberapa tanaman memecah semua pigmen hijau.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini