Share

Perbedaan Monyet Bonobo dan Simpanse, Dua Hewan Kerabat Dekat Manusia

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 26 56 2787552 perbedaan-monyet-bonobo-dan-simpanse-dua-hewan-kerabat-dekat-manusia-NnCZK7gdeD.jpg Perbedaan Monyet Bonobo dan Simpanse, Dua Hewan Kerabat Dekat Manusia

Simpanse dan bonobo merupakan hewan primata kelompok kera besar yang memiliki kemiripan. Mereka juga disebut kerabat dekat manusia. Namun Pada tahun 1929 kedua spesies ini diidentifikasi berbeda dari berbagai sudut pandang.

Dari segi perilaku misalnya, bonobo terkenal sebagai hewan yang hobi bercinta ketimbang berperang. Kebalikannya justru dilakukan oleh simpanse yang doyan bertarung dengan musuhnya.

Selain itu, masih ada banyak hal yang menjadi pembeda dua hewan ini. Agar lebih jelas, berikut ini ulasan perbedaan antara bonobo dan simpanse, dikutip dari AZ Animals.

Ciri fisik bonobo dan simpanse

Sekilas kedua spesies ini terlihat sangat mirip dan sulit untuk dibedakan. Namun jika diperhatikan, bonobo memiliki tubuh yang lebih ramping dan kurus. Mereka juga memiliki wajah dan bibir yang lebih gelap sejak lahir.

Saat dewasa, mereka punya kontur merah muda di sekitar bibir dan mata. Sementara itu simpanse memiliki tubuh yang lebih kekar dan berotot. Ia juga mempunyai postur yang sedikit lebih tinggi jika berdiri dengan kaki belakang.

Makanan bonobo dan simpanse

Pada dasarnya mereka berdua adalah hewan pemakan buah. Namun simpanse lebih cenderung memakan sayuran dengan menggigit batang, daun, dan bunga. Sementara bonobo mencari sumber protein dari hewan lain seperti cacing, serangga, atau atau mamalia berukuran sedang.

Perilaku bonobo dan simpanse 

Bonobo merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial tinggi. Jarang sekali terlihat di kelompok bonobo ada sebuah konflik atau membunuh sesama spesies mereka. Untuk mengurangi stres dan menghindari konflik, bonobo menggunakan kontak seksual sosial.

Bonobo juga sangat penyayang dan perhatian terhadap orang asing, suka berbagi makanan dengan orang lain, sekalipun dia tidak berada dalam kelompok sosial mereka. Sebaliknya, ketika simpanse menghadapi konflik, mereka mengeluarkan testosteron yang berhubungan dengan agresi dan membuatnya sangat agresif terhadap kera lain. Simpanse juga kerap berseteru dengan sesama spesies simpanse, hingga saling membunuh

Suara bonobo dan simpanse

Bonobo memiliki suara dengan nada yang lebih tinggi dan melengking. Volumenya yang keras membuat suara mereka seperti sebuah jeritan. Berbeda dengan simpanse yang memiliki suara bernada rendah, mirip gonggongan atau dengusan.

Struktur sosial bonobo dan simpanse

Dalam kelompok bonobo, hewan betina memiliki otoritas terhadap komunitas. Berbeda dengan simpanse yang lebih bersifat patriarki dengan satu alfa yang memimpin kawanan.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini